Dark/Light Mode

Nuansa Bollywood Meriahkan HUT 70 Tahun India-Indonesia

Rabu, 24 April 2019 08:21 WIB
Dubes India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat (kedua kiri) dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir (ketiga kiri) dalam peringatan 
70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, kemarin. (Foto : Istimewa).
Dubes India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat (kedua kiri) dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir (ketiga kiri) dalam peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, kemarin. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, kemarin pagi bernuansa Bollywood. Lantunan sitar dan gendang khas India, menyambut para tamu. Suasana itu memeriahkan perayaan 70 Tahun Hubungan Diplomatik India-Indonesia.

Hubungan bilateral antara Indonesia dengan India resmi dimulai sejak 1949. Namun, Duta Besar (Dubes) India Pradeep Kumar Rawat mencatat, kedekatan India dan Indonesia sudah terjadi sejak era penyebaran agama Hindu-Budha. Cendekiawan Indonesia dan India melakukan kunjungan pertukaran pendidikan. Saudagar India juga banyak memperjualbelikan produk mereka ke Indonesia.

Sebelum acara dimulai, Dubes Kumar Rawat didampingi Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir menyalakan lilin perdamaian. Lilin merupakan wujud doa dan harapan untuk India dan Indonesia yang damai dan sentosa.

Baca juga : Jangan Golput Dan Jangan Takut Intimidasi

“Saya sangat gembira bisa berada di sini, menjadi saksi perayaan 70 tahun India dengan Indonesia. Semoga kerja sama dan persahabatan kita berlanjut hingga seribu tahun lagi,” doanya.

Fachir berharap, India dan Indonesia bisa sama-sama tumbuh besar menjadi negara demokrasi yang berpengaruh di dunia.

“Kedua negara ini sama-sama negara berkembang dengan populasi muda yang memiliki potensi besar. Kita harus terus gali potensi masing-masing dan maju bersama,” ajak Fachir.

Baca juga : Luncurkan Prangko Tematik 70 Tahun AS-Indonesia

Dubes Rawat tidak lupa memberi selamat kepada Indonesia yang baru saja selesai melaksanakan pesta demokrasi pada 17 April kemarin.

Untuk memeriahkan acara, disuguhkan pertunjukan tarian akrobatik Gotipua oleh para penari dari kelas tari India di Indonesia.

Para tamu yang takjub bertepuk tangan dan mengabadikan aksi para penari yang saling topang dan menjaga keseimbangan tubuh.

Baca juga : Pupuk Borong 17 Penghargaan PR Indonesia

Usai penampilan seni tari, para tamu kembali menikmati makanan khas India dan Indonesia. Tamu disuguhi minuman rempah khas dan camilan ‘one biter’ berupa mini masala dan mini kebab.

Para tamu bisa melihat jejeran kolase foto yang menceritakan perjalanan persahabatan Indonesia sejak pemerintahan Soekarno hingga kini.

Sejumlah kerajinan tangan khas India berupa tembikar dan kain sari, juga dijadikan hiasan untuk mempermanis lokasi acara. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.