Dark/Light Mode

Jangan Golput Dan Jangan Takut Intimidasi

Senin, 15 April 2019 11:57 WIB
Meme mengenai ajakan ke TPS pada tanggal 17 April 2019. (Foto : IG @hariprast).
Meme mengenai ajakan ke TPS pada tanggal 17 April 2019. (Foto : IG @hariprast).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua hari lagi, rakyat Indonesia akan menunaikan hak politiknya: mencoblos wakilnya di pemerintah maupun di parlemen. Rakyat Indonesia akan berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerahnya masing-masing. 

Namun sayang, di tengah gencarnya ajakan menggunakan hak pilihnya di pemilu, ternyata ada juga gerakan agar tidak usah menggunakan hak pilihnya alias golput. Gerakan ini disuarakan karena merasa kecewa dengan figur yang bertarung. 

Kendati ajakan golput cukup massif, banyak juga tokoh agama, ulama, politisi yang mengkampanyekan agar tak golput. Ajakan tak golput juga disuarakan oleh warganet dengan berbagai cara. 

Baca juga : Hangatnya Bakso Dan Dangdut Meriahkan Pesta Demokrasi Di Zagreb

Akun Hariprast @hariprast sengaja membuat meme mengenai ajakan ke TPS pada tanggal 17 April 2019. Di meme yang diunggahnya, ada seorang yang mengingatkan agar menggunakan hak pilihnya pada pemilu yang akan datang. 

“Jadi. Besok harus coblos,” serunya dengan muka serius. Di gambar kedua, seorang itu ingin mengarahkan. “Nomor?” katanya sambil mengangkat tangan kirinya. 

Tapi tiba-tiba, dia kebingungan. Sambil melihat tangan kirinya, dia mempertanyakan kemana tangannya. “Lho tanganku mana?” 

Baca juga : Membangkitkan Rasa Takut Dan Mengancam, Efektifkah?

Nampaknya akun Hariprast @hariprast enggan membeberkan karena memasuki masa tenang. Tidak boleh lagi ada kampanye pasangan capres. “Sekedar mengingatkan tanggal 17 jangan golput,” dia mengingatkan. Ajakan agar tidak golput tak hanya disuarakan oleh @hariprast saja, bekas gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama dalam akun @basuki_btp juga mengingatkan agar tidak golput. 

“Baru saja selesai memberikan hak suara pada Pemilu 2019 di Osaka, Jepang. Ayo Memilih, Jangan Golput!” ajak Ahok. Begitupun dengan Rizma Widiono @RizmaWidiono yang menginginkan semua rakyat Indonesia menggunakan hak politiknya memilih pemimpin yang sesuai dengan hati nuraninya. 

“Pencoblosan tersisa 3 hari lagi. 17 April 2019 pilih yang sudah terbukti kerja nyata untuk Indonesia Maju. Jangan golput. Jangan takut intimidasi karena TNI dan POLRI akan menjaga kita semua.. menjaga agar pemilu berjalan dengan damai,” ujar dia.  

Baca juga : Perang Dagang AS-China Bawa Berkah Bagi Indonesia

Sama, Lia Nuralia Ahmad @liaahmad654 menginginkan pesta demokrasi dinikmati oleh semua rakyat Indonesia. “17 April 2019 jangan golput. Golput ga Asiuque! Golput ga zaman now. Golput gak milenial,” tuntasnya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :