Dark/Light Mode

KPSN : Pindahkan Markas AFC Ke Indonesia

Sabtu, 9 Februari 2019 21:24 WIB
Organisasi PSSI mendapat sorotan karena kasus pengaturan skor. (Foto : istimewa)
Organisasi PSSI mendapat sorotan karena kasus pengaturan skor. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia punya basis suporter sepakbola yang tergolong besar dan spesial di dunia.Sayang potensi itu justru menguntungkan negara lain. Saatnya akhiri itu dengan memindahkan markas AFC ke Indonesia.

Itu diungkapkan Ketua Komite Perubahan Sepakbola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono. Ia menyebut Indonesia punya potensi besar menggerakan ekonomi dari sepakbola. Indikasinya, stadion selalu penuh saat klub-klub berlaga di level domestik maupun internasional.

Baca juga : Prestasi INKA Kebanggaan Indonesia

Meski begitu, kehebatan itu masih dipandang sebelah mata karena Indonesia tidak punya prestasi yang cukup membanggakan dalam kurun sepuluh tahun terakhir. Diperparah dengan maraknya praktik pengaturan skor di sepakbola nasional. Situasi tersebut semakin memperburuk citra Indonesia di kancah global maupun Asia.

Menurut Suhendra, langkah pertama yang harus ditempuh buat memulihkan kepercayaan kepada sepakbola Indonesia bisa dimulai dengan memperbaiki organisasi federasi sepakbolanya (PSSI). "Harus ada suksesi, reorganisasi penting di tubuh PSSI, jangan sampai orang itu lagi orang itu lagi yang ada. Perlu ada figur-figur baru yang punya kompetensi serta komitmen memajukan sepakbola nasional," kata Suhendra.

Baca juga : PUPR Anggarkan Rp 318 Miliar Atasi Kekumuhan Kota

Lebih lanjut, revolusi di dalam tubuh PSSI bisa menjadi modal awal posisi tawar Indonesia agar Komite Sepakbola Asia (AFC) bersedia memindahkan kantor perwakilannya dari Malaysia ke Indonesia. Wacana tersebut bukan tanpa alasan, fanatisme fans serta atmosfer luar biasa di tiap pertandingan merupakan aspek komersial yang sangat potensial.

"Jika ini sukses terjadinya Kongres Luar Biasa (KLB), dalam kesempatan pertama adalah memindahkan perwakilan AFC dari Malaysia ke Indonesia. Tak masuk akal kan jumlah penonton terbanyak di indonesia duitnya lari ke Malaysia," lanjut Suhendra.

Baca juga : Kemenpar Kenalkan Digital Pariwisata Indonesia

"Karena ini ada potensi ekonomi yang besar, FIFA hanya memberikan sedikit sekali (dana) kepada Indonesia. FIFA tidak boleh lagi berpikir bahwa prestasi kita, tetapi juga harus berpikir bahwa kita adalah komunitas (sepakbola) terbesar di dunia," pungkasnya.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :