Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Akhir Tahun Ditargetkan Sudah Produksi

Vaksin Buatan RI dan Korsel Akan Diuji Coba Bulan Juli

Sabtu, 26 Juni 2021 05:10 WIB
Menlu Eui-yong dan Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta. (Foto : RM.id/Kemlu).
Menlu Eui-yong dan Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta. (Foto : RM.id/Kemlu).

RM.id  Rakyat Merdeka - Korea Selatan (Korsel) berkomitmen mendukung penanganan pandemi Corona di Indonesia. Salah satunya, Negeri Ginseng itu akan menyumbang Rp 2,9 triliun untuk penyediaan vaksin.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong, ke­marin, melakukan kunjungan ke Indonesia. Ini adalah kunjungan pertama Chung ke Indonesia se­bagai Menlu. Dia juga mengunjungi Singapura dan Vietnam dalam tur Asianya kali ini.

“Di masa sulit selama pan­demi, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menjalin kerja sama kesehatan dengan Indonesia,” ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pernyataan media bersama Menlu Chung secara virtual pada Jumat (25/6/2021), di Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Baca juga : Dipegang PHR, Produksi Minyak Blok Rokan Dijamin Tetap Joss

Kerja sama yang telah dilakukan kedua negara saat ini antara lain pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), peralatan diagnostic, dan obat-obatan. Selain itu, Indonesia melalui PT Kalbe Farma melakukan pengembangan vaksin dengan Genexine (perusahaan Korsel). Rencananya vaksin tersebut akan melakukan uji klinis tahap 2 dan 3 di Jakarta dan Jawa Tengah pada Juli nanti.

“Jika semua tahapan terlewati dengan baik, maka diharapkan vaksin akan tersedia di akhir 2021,” terang Retno.

Kedua negara juga menjalin pengembangan terapeutik, yang merupakan kerja sama antara National Institute of Health Research and Development and Daewoong Infion; serta PT Kalbe Farma dan Genexine (GX-17) dalam produksi obat Covid-19 yang saat ini sudah dalam tahap pengujian.

Baca juga : Menkes Yakin Vaksinasi 1 Juta Per Hari Tercapai Awal Juli

Kerja sama alat diagnostik juga tengah dirintis dengan adanya rencana prospek investasi perusahaan diagnostik Korea SD Biosensor dan Sugentech untuk membuka pabriknya di Indonesia.

Masih dalam konteks kerja sama kesehatan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RIdan Badan Kerja Sama Internasional Korea (KOICA) telah menandatangani Minutes of Understanding on Inclusive Program for Covid-19 Response senilai 4 juta dolar AS (Rp 57,7 miliar).

Langkah tersebut untuk mendukung berbagai program penanggulangan pandemi serta dampak sosial ekonomi di Indonesia.

Baca juga : Luhut Targetkan 1 Juta Vaksinasi Per Hari Pada Juli

“Berbagai kerja sama diharapkan dapat memperkuat in­dustri kesehatan nasional dan meningkatkan kesiapsiagaan kita menghadapi ancaman pandemi di masa depan,” kata Menlu Retno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.