Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KBRI Kolombo Dukung Kerja Sama Pendidikan UNHAN-KDU Sri Langka

Jumat, 2 Juli 2021 13:12 WIB
Penandatanganan MoU kerja sama di bidang pendidikan antara Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) dengan General John Kotelawala Defence University (KDU) Sri Lanka. (Foto : Kemlu.go.id)
Penandatanganan MoU kerja sama di bidang pendidikan antara Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) dengan General John Kotelawala Defence University (KDU) Sri Lanka. (Foto : Kemlu.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Sri Lanka I Gusti Ngurah Ardiyasa menyambut baik kesepakatan kerja sama di bidang pendidikan antara Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN) dengan General John Kotelawala Defence University (KDU) Sri Lanka.

Dubes Ardiyasa juga menekankan pentingnya implementasi program kegiatan yang telah disepakati dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU). "Sudah tugas kita untuk merealisasikan program kegiatan yang telah disepakati bagi kemajuan dunia pendidikan di kedua negara," kata Dubes Ardiyasa, melalui rilis pers Kedubes RI di Kolombo, Kamis (2/7).

Kesepakatan antara UNHAN dan KDU Sri Lanka tersebut meliputi kerja sama di bidang pendidikan tinggi dan penelitian strategis di bidang pertahanan dan keamanan yang tertuang dalam "Memorandum of Understanding between Indonesia Defense University and General Sir John Kotelawala Defence University Colombo on Cooperation in Higher Education and Strategic Research in the areas of Defense and Security"

Baca juga : BI Dan Bank Sentral Brunei Kerja Sama Anti Pencucian Uang Cs

Penandatanganan kesepakatan itu dilakukan secara virtual oleh Rektor UNHAN Amarulla Octavian dan Vice Chancellor Mayor Jenderal Milinda Peiris serta disaksikan oleh Dubes I Gusti Ngurah Ardiyasa, Atase Pertahanan RI di India Kolonel Laut Asdi Yasin dan Minister Counsellor KBRI Kolombo Heru Prayitno.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Rektor 1 UNHAN Mayjen Dr. Jonni Mahroza, Rektor UNHAN mengatakan bahwa kesepakatan kerja sama dengan KDU merupakan wujud dari tridarma perguruan tinggi untuk terus memajukan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, antara lain melalui pengembangan kurikulum, double degree program, termasuk penelitian bersama di bidang pertahanan.

Sedangkan Vice Chancellor KDU Mayor Jenderal Milinda Peiris, mengatakan penandatanganan MOU yang telah direncanakan sejak 2011 itu akan menjadi batu loncatan bagi pengembangan kerja sama pendidikan dengan UNHAN, termasuk bagi pengembangan kegiatan akademik yang berkelanjutan, baik melalui pertukaran dosen, workshop, penelitian strategis dan identifikasi berbagai peluang kerja sama, serta pengembangan bidang keilmuan criminal justice dan teknologi.

Baca juga : PPATK: Putusan MK Dukungan Nyata Berantas Pencucian Uang

Sementara itu, Minister Counsellor KBRI Kolombo Heru Prayitno mengatakan MOU yang berlaku untuk jangka waktu lima tahun tersebut memuat kerja sama terkait pertukaran staf akademik, dosen, peneliti, dan pembicara tamu.

MOU juga mengatur tentang pemberian bantuan hibah bagi kegiatan penelitian, pemberian beasiswa dan kegiatan study visit. Hal penting lain yang dibahas dalam kerja sama tersebut adalah terkait fasilitasi pelatihan dosen dan peneliti, pertukaran literatur dan kepustakaan serta fasilitasi penelitian bersama.

Penandatanganan kerja sama antara UNHAN dan KDU Sri Lanka tersebut melengkapi kerja sama di bidang pendidikan tinggi, riset dan teknologi yang telah ditandatangani oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Indonesia dan Menteri Pendidikan Tinggi Sri Lanka pada 24 Januari 2018. [DAY]

Baca juga : RI dan Italia Akan Perkuat Kerja Sama Perdagangan

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.