Dark/Light Mode

Sambut HUT Ke-76 RI

Merci Beyond Bali: Promosi Produk Indonesia Di Paris

Minggu, 25 Juli 2021 16:42 WIB
Pembukaan Merci Beyond Bali, di sebuah toko konsep Merci, di Paris, Prancis, Jumat (23/7). (Foto: KBRI Paris)
Pembukaan Merci Beyond Bali, di sebuah toko konsep Merci, di Paris, Prancis, Jumat (23/7). (Foto: KBRI Paris)

 Sebelumnya 
Untuk memperingati 76 tahun Kemerdekaan Indonesia, Toko Merci akan mendesain suatu kaos khusus untuk dijual secara eksklusif dan terbatas pada 17 Agustus 2021. “Walaupun desain kaos masih dirahasiakan, CEO Merci memberi bocoran, yang dibuat diharapkan dapat memberi semangat untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” sebut Arrmanatha.

Acara pembukaan Merci Beyond Bali yang dihadiri mitra KBRI Paris dari kalangan pengusaha, desainer, budayawan, media Prancis dan Indonesia, serta kalangan Pemerintah dan Parlemen Prancis. Acara dimeriahkan dengan penampilan Tari Bali dan Tari Burung Enggang Kalimantan, serta dilengkapi sajian kuliner khas Indonesia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebelum memasuki toko, para tamu harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health Pass) sesuai dengan kebijakan Pemerintah Prancis. 

Baca juga : Kementan: Volume Ekspor Produk Unggas Indonesia Naik Tahun Ini

Rangkaian acara peringatan 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia akan berlanjut di Toko Merci dengan Business Gathering, 28 Juli 2021, mengundang kehadiran komunitas bisnis Prancis. Acara ini juga akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan komoditas kopi dan teh Indonesia. 

Selanjutnya, pada 29 Juli 2021, promosi kreativitas Indonesia dilaksanakan dalam demonstrasi pembuatan batik dimana peserta dapat mempraktekan sendiri secara langsung proses pembuatan batik. Kunjungan virtual masyarakat Prancis ke Indonesia juga diwujudkan dalam pameran foto-foto situs warisan budaya dunia yang berada di Indonesia. Dengan stimulasi virtual ini, masyarakat Prancis pengunjung pameran diharapkan terpicu rasa ingin tahunya lebih lanjut mengenai Indonesia, dan ketika waktunya tiba, untuk datang mengunjungi dan menikmati keindahan Indonesia secara langsung. 

Baca juga : Memasuki Usia Berlian, BNI Menuju Bank Internasional-nya Indonesia

Kolaborasi dengan toko, desainer, restoran, atau fashion house, yang mengerti pasar dan consumer base di Prancis menjadi strategi utama KBRI Prancis dalam mempromosikan produk kreatif Indonesia. Dalam satu tahun terakhir, KBRI Paris telah berkolaborasi antara lain dengan Merci, Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia. Mekanisme kerja sama memberikan keleluasaan bagi partner di Prancis untuk melakukan kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari Indonesia.

Toko Merci adalah sebuah concept store yang didirikan sejak Maret 2009 di tengah Kota Paris, yaitu di daerah Haut-Marais. Toko Merci menjadi tempat penjualan berbagai produk desain, fashion, dan peralatan rumah tangga berkualitas premium. Setiap tahun, toko Merci dikunjungi sekitar 1,5 juta pengunjung. Di media sosial Instagram, @merciparis memiliki lebih dari 406 ribu followers, dan postingan toko Merci selalu banyak mendapatkan ribuan likes. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.