Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AS Gelontorkan Lagi Rp 430 M Bantu RI Tangani Covid-19

Rabu, 4 Agustus 2021 11:36 WIB
Sumbangan 400 Ventilator dari AS untuk mendukung Indonesia melawan Covid-19. (USAID/State Dept.)
Sumbangan 400 Ventilator dari AS untuk mendukung Indonesia melawan Covid-19. (USAID/State Dept.)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengumumkan dana tambahan sebesar 30 juta dolar AS atau sekitar Rp 430 miliar sebagai bantuan mendesak Covid-19 di Indonesia.

Dalam keterangan resmi Kedutaan Besar AS, Selasa (3/8), bantuan itu untuk membeli oksigen tambahan, serta penyediaan obat-obatan untuk merawat pasien Covid-19 dan menyelamatkan nyawa. Bantuan itu akan disalurkan melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID)

"Kami tetap berkomitmen terhadap kemitraan dengan pemerintah dan rakyat Indonesia di masa sulit ini. Bantuan kami akan membantu lebih banyak orang divaksin dan dilindungi dari penyakit mematikan ini dan memperkuat fasilitas kesehatan untuk terus memberikan perawatan dan pelayanan kritis bagi pasien Covid-19," kata Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y Kim.

Baca juga : Muhammadiyah: Politisi Ikan Lele Perburuk Penanganan Pandemi Covid-19

"Dukungan ini menambah bantuan kami sebelumnya untuk penyediaan vaksin, meningkatkan pengujian dan pelacakan, meningkatkan perawatan, serta memberikan hasil yang akurat dan tepat waktu tentang informasi pandemi agar semua orang tetap aman," ujarnya.

Dukungan tambahan itu, melalui American Rescue Plan Act itu membuat total bantuan Covid-19 dari AS untuk Indonesia menjadi sekitar 77 juta dolar AS (Rp 1,1 miliar) dalam bentuk pendanaan, perlengkapan, dan dukungan teknis sejak awal pandemi.

Pemerintah AS, melalui USAID dan lembaga-lembaga pemerintah AS lainnya, telah bermitra dengan para pakar kesehatan Indonesia untuk meningkatkan kapasitas laboratorium, pengawasan penyakit, dan respons cepat. Selain itu, pemerintah AS telah menyumbangkan 1.000 ventilator buatan AS yang saat ini digunakan di 600 rumah sakit.

Baca juga : Surono Cs Galang Dukungan Bantu Penanganan Covid-19

Bermitra dengan Pemerintah Indonesia dan UNICEF melalui Covax Advance Market Commitment (Covax AMC), AS juga telah mengirim total 8 juta dosis vaksin Moderna untuk masyarakat Indonesia.

Covax  AMC adalah sebuah inisiatif global untuk mendukung akses yang setara terhadap vaksin Covid-19. AS memberikan komitmen untuk kontribusi senilai empat miliar dolar AS dari rakyat AS melalui Gavi, the Vaccine Alliance, untuk Covax AMC. Indonesia juga telah menerima lebih dari 19 juta dosis vaksin melalui Covax.

Selama 20 tahun terakhir, USAID telah menginvestasikan lebih dari satu miliar dolar AS di sektor kesehatan Tanah Air. AS berkontribusi membantu membangun pondasi yang kuat bagi fasilitas kesehatan di Indonesia sehingga dapat merespons Covid-19 lebih efektif.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.