Dark/Light Mode

Olimpiade Tokyo Dipuji Biden

Popularitas PM Jepang Malah Makin Nyungsep

Rabu, 11 Agustus 2021 05:10 WIB
PM Jepang Yoshihide Suga (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kanan). (Foto : Istimewa).
PM Jepang Yoshihide Suga (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kanan). (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Tak hanya popularitasnya menurun, mayoritas warga Jepang juga tidak ingin Suga bertahan di pemerintahan. Sebanyak 60 persen ingin sang PM mundur dari jabatannya.

Sementara soal Olimpiade Tokyo, sebanyak 56 persen responden menyatakan, penyelenggaraannya sebagai ide bagus. Sedangkan sebanyak 32 persen menyebutnya sebagai ide buruk.

Baca juga : Kerjaan Luhut Makin Numpuk

Hasil-hasil tersebut jelas kabar buruk bagi Suga. Dia berambisi memperpanjang masa kepemimpinannya, baik di partai maupun di pemerintahan. Pemilu Jepang direncanakan berlangsung tahun ini.

Menurunnya dukungan kepada Suga dipengaruhi usahanya yang dianggap kurang optimal dalam menangani Covid-19. Termasuk soal vaksinasi yang lamban di tengah serbuan virus Corona varian Delta.

Baca juga : Jepang Pecah Rekor Medali, Indonesia Urutan Ke-55

Per Selasa (10/8), Jepang tercatat memiliki 1 juta kasus dan 15 ribu kematian akibat Covid-19. Per harinya, ada 15 ribu kasus. Adapun jumlah warga yang sudah divaksinasi lengkap baru 15,4 persen dari total populasi.

Jumlah penduduk Jepang saat ini adalah 126.048.279 per Selasa, 10 Agustus 2021, berdasarkan data terbaru Worldometer dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.