Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Taliban Makin Perkasa, Amrik Tak Bisa Apa-apa

Rabu, 11 Agustus 2021 07:15 WIB
Pemberontak Taliban berjaga di sebuah pos pemeriksaan di kota Kunduz, Afghanistan utara, Senin (9/8). (Foto : AP/Abdullah Sahil).
Pemberontak Taliban berjaga di sebuah pos pemeriksaan di kota Kunduz, Afghanistan utara, Senin (9/8). (Foto : AP/Abdullah Sahil).

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat (AS) prihatin dengan kondisi di Afghanistan. Tapi kini negara adidaya itu tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Pasukan keamanan Afghanistan harus bisa mempertahankan negara itu.

Pernyataan tersebut menyusul keberhasilan gerilyawan Taliban merebut Aybak, ibu kota Provinsi Samangan di utara pada Senin (9/8), bersama dengan kota-kota perbatasan dan rute perdagangan.

Baca juga : Waktu Mepet, Jupe Yakin Persiapan Liga 1 Bisa Maksimal

Taliban yang digulingkan invasi AS pada 2001, telah meningkatkan kampanye militer untuk mengalahkan pemerintah saat pasukan asing menarik diri. Presiden Joe Biden mengatakan, misi militer AS di Afghanistan akan berakhir pada 31 Agustus nanti. Masa depan ada di tangan rakyat Afghanistan sendiri.

Taliban merebut tiga ibu kota provinsi selama akhir pekan: Zaranj di provinsi selatan Nimroz, Sar-e-Pul, di provinsi utara dengan nama yang sama, dan Taloqan, di provinsi timur laut Takhar. Mereka telah merebut ibu kota provinsi utara Kunduz dan Lashkar Gah, ibu kota provinsi Helmand.

Baca juga : BI Dan Jepang Perkuat Transaksi Pakai Rupiah Dan Yen

Juru Bicara Pentagon John Kirby mengatakan, AS sangat prihatin dengan perkembangan tersebut. Tapi ia yakin, pasukan keamanan Afghanistan memiliki kemampuan memerangi kelom­pok pemberontak itu.

“Ini adalah militer mereka, ini adalah ibu kota provinsi mereka, rakyat mereka untuk dipertahankan dan itu benar-benar momen di mana kepemimpinan mereka diuji,” kata Kirby.

Baca juga : Pembangkit Biogas Pasir Mandoge Perkuat Listrik Sumatera Utara

Taliban telah merebut Aybak, ibu kota provinsi keenam di Afghanistan dalam empat hari. Juru bicara kelompok bersenjata itu kemarin mengirim pesan ke media yang mengklaim telah menguasai Aybak, ibu kota provinsi utara Samangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.