Dewan Pers

Dark/Light Mode

ASEAN Rayakan 54 Tahun, Bersama Makin Tangguh Dan Sejahtera

Senin, 9 Agustus 2021 15:00 WIB
Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi. (Foto UN Women)
Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi. (Foto UN Women)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) merayakan hari jadinya yang ke-54 pada Minggu(8/8). Perkumpulan yang diresmikan melalui deklarasi bersama di Bangkok, Thailand, pada 8 Agustus 1967 didirikan lima negara di kawasan ini. Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Kini telah beranggotakan 10 negara.

Dengan tema We Care, We Prepare, We Prosper (Kita Peduli, Kita Siap Sedia, Kita Sejahtera), Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Lim Jock Hoi menggarisbawahi,  ASEAN telah berkonsolidasi dan menjadi komunitas yang lebih inklusif dan tangguh sejak pandemi Covid-19 melanda kawasan pada Maret 2020.

Berita Terkait : Elsam: Calon Panglima TNI Harus Berkomitmen Tuntaskan Dan Cegah Pelanggaran HAM

Dia menegaskan perlunya ASEAN mempercepat transformasi digital inklusif dan mencapai keberlanjutan di kawasan di semua sektor. Termasuk dalam investasi, pertanian, pembiayaan, infrastruktur, energi dan manajemen bencana.

Menambahi, Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Marsudi mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bekerja sama dengan dinamis dalam mempromosikan prinsip dan nilai-nilai ASEAN dan Indo Pasifik.

Berita Terkait : Banteng Jakarta Utara Turun Gunung, Gelar Vaksinasi Dan Sebar Sembako

"Pandemi bukanlah satu-satunya tantangan kita, perdamaian dan stabilitas regional juga menuntut perhatian kita. Persaingan kekuatan besar tidak menunjukkan tanda-tanda berkurang bahkan berpotensi menabur perpecahan di antara kita," Retno mengingatkan. 

"Alih-alih menjadi pion, ASEAN harus berada di kursi penggerak dalam membentuk dinamika regional,'' sambungnya dalam video perayaan HUT ASEAN di YouTube.

Berita Terkait : Syarief Hasan: Pandemi Bikin Pengangguran Dan Kemiskinan Meningkat

Dalam perayaan kali ini, ASEAN juga mengadakan pameran online dan peluncuran buku seni karya Sekjen Lim Jock Hoi dan Duta Besar Korea Selatan untuk ASEAN Lim Sungnam. Kantor Sekretariat Jenderal ASEAN juga mengadakan bazar online.

Acara ini merupakan bagian dari upaya ASEAN untuk membangun kembali kepercayaan konsumen, memanfaatkan teknologi digital, menuju pemulihan yang lebih kuat.[DAY]