Dark/Light Mode

Wapres AS Kamala Harris Sowan Ke Singapura, Ini Daftar Agendanya

Minggu, 22 Agustus 2021 16:36 WIB
Wapres AS Kamala Harris tiba di Pangkalan Udara Paya Lebar, Singapura untuk memulai kunjungannya di Asia Tenggara, Minggu (22/8). (Foto: The Straits Times)
Wapres AS Kamala Harris tiba di Pangkalan Udara Paya Lebar, Singapura untuk memulai kunjungannya di Asia Tenggara, Minggu (22/8). (Foto: The Straits Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Devi Harris tiba di Singapura, untuk memulai kunjungan resminya di Asia Tenggara, Minggu (22/8).

Ini adalah kunjungan luar negeri pertama Harris, sejak dilantik menjadi orang nomor 2 di AS pada Januari lalu.

Harris yang naik Air Force Two bersama 20 staf dan pengawal, tiba di Pangkalan Udara Paya Lebar pada pukul 10.50 waktu setempat, disambut Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

Baca juga : Kita Duka Mendalam

Semuanya mengenakan masker, dan mengikuti protokol kesehatan ketat dalam acara kenegaraan.

Pada Kamis (19/8) lalu, Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan, Harris akan menjalani tes Covid reguler dan agenda perjalanan yang terkontrol, untuk memastikan perjalanannya ke Singapura senantiasa dalam kondisi aman.

Wanita berusia 56 tahun itu dijadwalkan berada di Negeri Singa sampai Selasa (24/8) siang.

Baca juga : Hasil Liga Italia: Hakan Gemilang, Lazio Tebar Ancaman

Setelahnya, ia bertolak menuju Vietnam, sebelum kembali ke AS pada Kamis (26/8).

Senin (23/8) besok, Harris akan bertemu Presiden Halimah Yacob di Istana, diikuti pertemuan dan konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Dalam kesempatan ini, pemerintah Singapura akan menamai salah satu koleksi anggrek Istana, dengan nama Harris dalam sebuah acara khusus.

Baca juga : Presiden Afghanistan Janji Kembali, Ini Pengakuannya...

Harris diagendakan mengunjungi Pangkalan Angkatan Laut Changi dan kapal tempur pesisir USS Tulsa, yang berada di pelabuhan untuk latihan multilateral.

Dalam pernyataannya pada Jumat (20/8), Harris akan menyampaikan pidato kebijakan dan menghadiri diskusi meja bundar dengan komunitas bisnis bersama Menteri Perdagangan dan Industri Gan Kim Yong, Selasa (24/8).

Sebelum kunjungan ini, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah lebih dulu sowan ke Singapura pada akhir Juli lalu. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.