Dark/Light Mode

Jamin Lindungi Asia Tenggara Dari Ancaman Beijing

Wapres AS Semprot China Dari Singapura

Rabu, 25 Agustus 2021 06:30 WIB
Wapres AS Kamala Harris di Singapura, 23 Agustus 2021. (Foto : REUTERS/Evelyn Hockstein/Pool)
Wapres AS Kamala Harris di Singapura, 23 Agustus 2021. (Foto : REUTERS/Evelyn Hockstein/Pool)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris sudah memulai tur perdananya ke Asia dengan mendarat di Singapura pada Minggu (22/8). Kunjungan ke Singapura ini merupakan kunjungan pertama Harris ke negara-negara Asia Tenggara sejak menjabat sebagai orang nomor dua di AS.

Harris mengatakan, tujuan dia terbang ke Singapura membahas upaya melawan pengaruh China yang semakin besar. Meski bukan sekutu AS, Singapura adalah salah satu mitra keamanan terkuat AS di kawasan Asia Tenggara. Keduanya juga memiliki hubungan perdagangan yang kuat.

Baca juga : Ganjar: Greysia Dan Apriyani Memang Hebat!

Dalam pidatonya secara daring, kemarin, Harris menegaskan, saat ini dunia sudah terhubung. Negara-negara saling bergantung satu sama lain. Untuk itu, dia mengajak negara-negara harus mau bergandengan tangan menciptakan peluang bersama.

“Untuk itulah kemitraan kami dengan Singapura, Asia Teng­gara dan Indo Pasifik, adalah prioritas utama,” terang Wapres wanita pertama AS ini.

Baca juga : Muhadjir Sedih, Bayi Baru Lahir Dipasangi Ventilator

Pada kesempatan itu, Harris mengkritik manuver China di Laut China Selatan.

“Di Laut China Selatan, kita tahu Beijing terus-terusan menekan, mengintimidasi, dan mengklaim mayoritas luas dari Laut China Selatan,” ujarnya.

Baca juga : Ini Alasan Seri A Haramkan Jersey Warna Hijau Di Lapangan

Kamala lantas menegaskan, AS siap membela mitra-mitranya di kawasan tersebut. “Kami berdiri bersama para sekutu dan mitra dalam menghadapi ancaman-ancaman itu,” janjinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.