Dark/Light Mode

Jamin Lindungi Asia Tenggara Dari Ancaman Beijing

Wapres AS Semprot China Dari Singapura

Rabu, 25 Agustus 2021 06:30 WIB
Wapres AS Kamala Harris di Singapura, 23 Agustus 2021. (Foto : REUTERS/Evelyn Hockstein/Pool)
Wapres AS Kamala Harris di Singapura, 23 Agustus 2021. (Foto : REUTERS/Evelyn Hockstein/Pool)

 Sebelumnya 
Dia juga tidak bosan menegas­kan bahwa AS tetap menjadi negara yang bisa diandalkan komunitas internasional. “Pemerintahan kami berkomitmen atas keterlibatan abadi di Singapura, di Asia Tenggara, dan di Indo Pasifik. Alasan saya di sini, karena Amerika Serikat adalah pemimpin global, dan kami menjalankan peran itu dengan sangat serius,” tegasnya.

Mengenai kemitraan dengan Singapura, Harris mengatakan, kerja sama kedua negara telah menciptakan 4 juta lapangan kerja bagi warga AS di berbagai bidang. Termasuk perdagangan, ekonomi, investasi, dan pertahanan.

Baca juga : Ganjar: Greysia Dan Apriyani Memang Hebat!

Kemitraan dengan Singapura, lanjutnya, juga memperkuat koneksi AS ke kawasan Indo Pa­sifik. “Kemarin saya ke Changi. Di sana ada kapal kami, USS Tulsa. Ini simbol kerja sama keamanan, komitmen keamanan AS di kawasan,” sebut Harris.

Singapura menjadi lokasi pertama dalam tur diplomatik Harris di wilayah Asia. Vietnam menjadi destinasi selanjutnya.

Baca juga : Muhadjir Sedih, Bayi Baru Lahir Dipasangi Ventilator

Sebelumnya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyambut baik itikad AS yang ingin terus terlibat di Asia, khu­susnya wilayah Asia Tenggara.

Pemerintahan Joe Biden tengah berupaya memperbaiki hubungan AS dengan negara-negara di Asia. Sebelumnya, hubungan kedua belah pihak sempat mem­buruk pada masa pemerintahan Donald Trump. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.