Dark/Light Mode

Kesehatan Kim Jong-un Memburuk

Korut Sibuk Cari Pengganti

Senin, 30 Agustus 2021 08:45 WIB
Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un tampak terlihat kurus hingga membuat warganya khawatir. (Foto : Reuters).
Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un tampak terlihat kurus hingga membuat warganya khawatir. (Foto : Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Korea Utara (Korut) dikabarkan tengah mencari peng­ganti sang pemimpin, Kim Jong-un. Isu pencarian penerus Kim muncul di tengah kekha­watiran kesehatannya mem­buruk setelah berat badannya turun tiba-tiba.

Dilansir dari The Sun, Minggu (29/8), pejabat senior Partai Buruh, Jo Yong-won yang baru-baru ini mendapatkan peran wakil kepemimpinan baru yang disebut didapuk untuk mencari suksesor Kim.

Pakar Korut, Michael Madden,menyebut sosok misterius Jo sebagai king maker yang akan menyiapkan Kim selan­jutnya.

“Kita bisa mengatakan mungkin Kim Jong-un menetapkan Jo Yong-won sebagai king maker yang membantu membimbing dan mengarah­kan penerus turun temurun,” kata Madden.

Baca juga : Mentan Dorong Pembentukan Holding BUMN Klaster Pangan Protein

Madden pun mencontohkan langkah serupa yang dilakukan ayah Kim, Kim Jong-il, men­jelang akhir hayatnya. Pada 2007, Kim Jong-il mengalami stroke ringan.

Menurut Madden, masalah kesehatannya menjadi agak genting dan dia mulai bersiap untuk suksesi turun temurun. Dia mempercayakan kepada 5 atau 6 orang yang kesetiaan dan ambisinya tidak perlu dipertanyakan untuk dijadikan wali.

Wali ini adalah orang-orang yang mengambil kebijakan yang sangat besar dan sensitif.

“Ini adalah orang-orang yang membuat transisi dari Kim Jong-il ke Kim Jong-un berjalan efektif. Mereka se­mua mengawal Kim Jong-un melalui hari-hari di awal,” ujarnya.

Baca juga : Muhyiddin Mundur, UMNO Sudah Nyiapin Pengganti

Desas-desus memburuknya kesehatan Kim Jong-unterus bergulir bagai bola salju. Apalagi, desas-desus itu diiringiberbagai bukti.

Dia terlihat tampak lebih kurus dan disebut kehilangan berat badan lebih dari 18 kilogram pada Juli lalu. Belum lagi, foto Kim menggunakan perban kecil di kepala juga sempat beredar.

Meski demikian, menurut Madden, hal itu belum tentu menunjukkan kondisi keseha­tan Kim, menurun.

“Apa yang paling mungkin kita lihat adalah dia memi­lih menurunkan berat badan­nya sendiri. Itu alasan seperti orang-orang di seluruh dunia yang mengalami obesitas. Ini lebih baik untuk sistem kardio­vaskuler,” terang Madden.

Baca juga : Puan Ke Pemda: Jangan Tunggu Ditegur Baru Cairkan Insentif Nakes!

Kim disebut-sebut sebagai perokok berat dan peminum. Dia dinilai gemuk sehingga berisiko masalah kesehatan.

Tahun lalu, Kim tidak ter­lihat dalam perayaan Hari Matahari pada 15 April. Kim muncul kembali setelah be­berapa pekan absen, di tengah spekulasi bahwa dia telah meninggal. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.