Dark/Light Mode

Dubes Todung Mulya Lubis, Gelar Promosi 17 Jenis Kopi Nusantara

Jumat, 10 September 2021 07:48 WIB
Dubes Todung  Mulya  Lubis  (kiri) bertukar cinderamata dengan Alf Kramer di acara promosi kopi di Oslo, Norwegia. (Foto: KBRI Oslo)
Dubes Todung Mulya Lubis (kiri) bertukar cinderamata dengan Alf Kramer di acara promosi kopi di Oslo, Norwegia. (Foto: KBRI Oslo)

 Sebelumnya 
Acara cicip kopi tersebut juga dihadiri oleh Alf Kramer, ketua pertama dari The Specialty Coffee Association of Europe atau Asosiasi Spesialis Kopi Eropa. alf Kramer dijuluki sebagai“Mr.Coffee”.

Baca juga : BPOM Dorong Pengumpulan Bukti Empiris Khasiat Jamu Nusantara

Alf Kramer menilai, kopi Indonesia memilki rasa unik dan khusus, yang baik untuk specialty and blend coffee. “Yang perlu diperhatikan adalah kon sistensi produksi untuk bisa menembus pasar Norwegia,” terang Alf.

Baca juga : Temui Dubes Al Busyra, Delegasi Ethiopia Nimba Ilmu Pariwisata Indonesia

Meskipun berpenduduk hanya 5,4 juta jiwa, Norwegia merupakan negara pengonsumsi kopi kedua tertinggi per kapita di dunia dengan rata-rata konsumsi mencapai 9,9 kilogram per orang. Sembilan dari sepuluh penduduk Norwegia meminum kopi setiap hari.

Baca juga : BUMN Holding Jasa Survei Gelar Vaksinasi, Bangun Komunitas Pancoran Sehat

Kopi yang dikonsumsi masyarakat Norwegia adalah jenis kopi Aabika dengan pangsa pasar sebesar 97 persen. Sementara kopi Robusta hanya 3 persen, terutama digunakan sebagai campuran. Norwegia hanya mengimpor kopi dalam bentuk biji kopi mentah (green bean). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.