Dark/Light Mode

China-ASEAN Expo Ke-18

Ketika Paviliun Indonesia Eksis Di Nanning

Minggu, 12 September 2021 15:51 WIB
Pertunjukan tari dan gamelan dalam pembukaan Paviliun Indonesia dalam China-ASEAN Expo Ke-18, di Nanning, Provinsi Guangxi Republik Rakyat Tiongkok, Jumat (10/9).
Pertunjukan tari dan gamelan dalam pembukaan Paviliun Indonesia dalam China-ASEAN Expo Ke-18, di Nanning, Provinsi Guangxi Republik Rakyat Tiongkok, Jumat (10/9).

 Sebelumnya 
Kolaborasi apik sanggar tari Yingde dengan kelompok seni gamelan dari Guangxi di acara pembukaan telah memukau ratusan pengunjung yang memadai Paviliun Indonesia.

Penampilan gamelan juga terbilang unik. Soalnya, seluruh pemain merupakan mahasiswa S2 dari Universitas Seni Guangxi yang tertarik pada musik gamelan.

Baca juga : Batik Indonesia Hiasi Museum Di Moskow Sebulan Penuh

Mereka belajar secara tekun dan berlatih dibawah binaan Rendy, Dosen Seni asal Bandung. Alat musik gamelan yang dipakai merupakan koleksi Museum Seni Guangxi, yang secara khusus dipinjamkan untuk kegiatan Pembukaan Paviliun Indonesia.

Ketatnya protokol kesehatan untuk masuk ke area CAEXPO tidak mengurangi animo masyarakat dan pengusaha setempat untuk berkunjung ke Paviliun Indonesia.

Baca juga : Cita-cita Politik NasDem Itu Memajukan Indonesia

Pada acara pembukaan, terlihat antusiasme masyarakat sangat tinggi. Hal ini terlihat dari antrean untuk berfoto,  wawancara bersama para pelaku seni, kunjungan ke booth produk Indonesia, hingga diskusi bisnis yang terjadi silih berganti di ruang pertemuan "one on one" Paviliun.

Salah satu kesepakatan bisnis yang berhasil dirampungkan berupa penandatanganan kerja sama produksi gelatin halal antara Gansu AminBio Halal Gelatin dan PT Makmur Berkah Gelatin Halal senilai 30 juta dolar Amerika Serikat.

Baca juga : HUT Ke-76 RI, Menpora: Semoga Indonesia Makin Kuat Dan Terbebas Dari Pandemi

Penandatanganan tersebut disaksikan Wagub Provinsi Gansu dan Wakil Dubes RI, serta Fungsi Ekonomi KJRI Guangzhou. Perhelatan CAEXPO masih berlangsung hingga Senin (13/9).

Kita tunggu kejutan menarik lainnya dari Kota Nanning, RRT. Yang pasti Panggung Budaya di Paviliun Indonesia akan terus diisi dengan berbagai kegiatan tari guna membuat betah pengunjung melakukan pembicaraan dan transaksi dengan para peserta. Bravo Indonesia Inc di Tiongkok! [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.