Dark/Light Mode

Good News, Akhir Oktober, Inggris Bakal Coret RI Dari Daftar Merah Covid-19

Senin, 4 Oktober 2021 12:40 WIB
Ilustrasi suasana di Bandara Heathrow, bandara tersibuk di Inggris (Foto: Reuters)
Ilustrasi suasana di Bandara Heathrow, bandara tersibuk di Inggris (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik. Pemerintah Inggris akan menghapus Indonesia dari daftar merah Covid-19, pada akhir Oktober ini. 

Sunday Telegraph melaporkan, PM Inggris Boris Johnson akan membuka perjalanan bebas karantina bagi 45 negara. Sehingga,  jumlah negara yang masuk daftar merah Covid-19, kini susut dari 54 menjadi 9.

"Kalau sudah divaksin penuh, pada akhir Oktober ini,  orang-orang yang datang dari Brazil, Indonesia, Meksiko, dan Afrika Selatan tidak wajib menjalani karantina 10 hari di hotel yang ditunjuk pemerintah," demikian Sunday Telegraph melaporkan, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/10).

Baca juga : Kabar Baik, Jabar Bebas Dari Zona Merah Covid-19

Rencana tersebut akan disampaikan pemerintah Inggris, pada Kamis (7/10) mendatang.

Kemungkinan, pengumuman tersebut akan memicu lonjakan pemesanan tiket menuju Inggris. Sejumlah maskapai penerbangan dan perusahaan perjalanan yang mati suri selama pandemi Covid-19 pun, sepertinya bakal menggeliat kembali.

Inggris sebelumnya menerapkan kebijakan karantina hotel terhadap para pendatang dari 54 negara yang dianggap berisiko tinggi Covid.

Baca juga : Anies Apresiasi Peran Bank DKI Dalam Tangani Covid-19

Dalam aturan tersebut, traveler yang datang dari 54 negara tersebut, harus merogoh biaya sebesar 2.285 poundsterling (Rp 44 juta), untuk karantina 10 hari di hotel yang ditunjuk pemerintah Inggris.

Traveler yang berasal di luar negara daftar merah Covid-19 dan telah divaksin penuh, tak wajib menjalani tes Corona sebagai syarat keberangkatan.

Setibanya di Inggris, mereka juga tak harus menjalani tes PCR  dua hari setelah kedatangan. Sebagai gantinya, mereka dapat memilih tes lateral yang lebih murah. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.