Dark/Light Mode

Cegah Perubahan Iklim, RI-Belanda Mantapkan Kerja Sama Dengan Negara Pasifik

Sabtu, 23 Oktober 2021 14:40 WIB
Indonesia-Netherlands-Pacific Workshop: Learning and Sharing Experiences, Identifying Potential Areas for Collaboration in Tackling the Impact of Climate Change di Bali, 21-22 Oktober 2021. (Foto: Istimewa)
Indonesia-Netherlands-Pacific Workshop: Learning and Sharing Experiences, Identifying Potential Areas for Collaboration in Tackling the Impact of Climate Change di Bali, 21-22 Oktober 2021. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Perubahan iklim, sebagaimana tantangan lingkungan lainnya, memiliki dampak yang sangat besar terhadap ekonomi, masyarakat, dan bahkan politik,” ujar Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI I Gede Ngurah Swajaya.

Ia menambahkan Indonesia terus menjadi contoh dan telah berhasil kurangi tingkat deforestasi hingga 75 persen, terendah dalam sejarah.

Baca juga : Cuma Terasa 2-4 Detik, Gempa Malang Sebabkan Kerusakan Bangunan Di Blitar

Sementara itu Climate Envoy dari Belanda, Pangeran Jaime de Bourbon de Parme, juga memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

“Kita tidak dapat terus bersandar pada prinsip business as usual. Kita berkumpul di kegiatan ini untuk mendengarkan ide-ide baru, pemikiran-pemikiran di luar yang biasanya untuk perangi bersama tantangan perubahan iklim,” ungkap Jaime de Bourbon de Parme.

Baca juga : Dubes Australia Penny Williams, Eratkan Hubungan Negara Lewat Latihan Militer

Indonesia-Netherlands-Pacific Workshop: Learning and Sharing Experiences, Identifying Potential Areas for Collaboration in Tackling the Impact of Climate Change tersebut menghasilkan tiga pokok rekomendasi. Pertama, komitmen pembentukan kerja sama segitiga Indonesia-Belanda-Pasifik.

Kedua, pembentukan Pacific-Indonesia-Netherlands Network (PINN) yang beranggotakan unsur pemerintah, masyarakat, akademisi dan pakar, serta masyarakat sipil. Dan ketiga, prioritas kerja sama penanggulangan dampak perubahan iklim meliputi rehabilitasi pesisir pantai, pariwisata, dan perikanan.

Baca juga : Dubes Al Busyra Basnur Lirik Kerja Sama Dengan Universitas Jimma, Ethiopia

“Mengatasi dampak perubahan iklim adalah komitmen bersama kita, dan menindaklanjuti hasil-hasil pertemuan hari ini akan menjadi bukti komitmen bersama kita tersebut,” ujar Staf Ahli Menlu RI Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tri Tharyat. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.