Dewan Pers

Dark/Light Mode

Singapura Kini Resmi Pakai Vaksin Sinovac, Tapi Penyuntikannya Harus 3 Kali

Minggu, 24 Oktober 2021 16:54 WIB
Ilustrasi vaksin Sinovac (Foto: AFP)
Ilustrasi vaksin Sinovac (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksin Sinovac kini resmi menjadi bagian dari program vaksinasi Covid-19 di Singapura. Vaksin ini diperuntukkan bagi warga berusia 18 tahun ke atas, yang tidak bersedia menggunakan vaksin mRNA seperti Pfizer atau Moderna.

Langkah ini diambil setelah Otoritas Ilmu Kesehatan Singapura (HSA) melakukan tinjauan yang cukup dalam dan komprehensif, terkait kebutuhan vaksin non mRNA. Sebagai opsi bagi mereka yang tak cocok dengan vaksin jenis tersebut.

"Mereka yang ingin divaksin Sinovac, harus menerima 3 kali suntikan kekebalan. Agar dapat dinyatakan telah tervaksinasi penuh," demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Singapura, seperti dilansir The Straits Times, Sabtu (23/10).

Berita Terkait : Mendag Ingin Indonesia Jadi Pusat Industri Halal

Dalam 3 kali suntikan, vaksinasi kedua diberikan dengan interval 28 hari setelah vaksinasi pertama. Sedangkan vaksinasi ketiga, berjarak 90 hari dari vaksinasi kedua.

Sejauh ini, Sinovac memang tidak mengajukan otorisasi Pandemic Special Access Route (PSAR) untuk penggunaan tiga dosis dalam cakupan vaksinasi penuh. Namun, hasil riset menyebutkan, dosis ketiga Sinovac diperlukan pada 3-6 bulan setelah dosis kedua, untuk meningkatkan kadar antibodi.

Ini konsisten dengan rekomendasi Kelompok Ahli Penasihat Strategis (SAGE) WHO tentang penggunaan dosis ketiga untuk lansia berusia 60 tahun ke atas dalam seri vaksinasi primer.

Berita Terkait : Menkes Jago Lobi

Bukti serupa juga ditemukan pada vaksin Sinopharm, yang juga diproduksi dengan menggunakan metode virus yang dilemahkan (inactivated). 

Tingkat antibodi pada orang yang disuntik Sinopharm, dilaporkan menurun setelah vaksinasi dosis kedua. Namun, setelah penyuntikan ketiga, antibodi meningkat secara substansial.

Individu yang memilih vaksin Sinopharm sebagai vaksinasi seri utama, meski memenuhi syarat untuk vaksin mRNA, sangat disarankan untuk mengambil salah satu vaksin mRNA untuk dosis ketiga.

Berita Terkait : Prof. Tjandra: Negara Boleh Terapkan Vaksinasi Ketiga, Tapi Penuhi Dulu Syarat Ini

Kalau tidak mau, mereka bisa mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Sinopharm, dalam waktu 3 bulan setelah dosis kedua untuk menyelesaikan seri vaksinasi utama mereka.
 Selanjutnya