Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sinergitas Para Pihak, Kunci Keberhasilan Penanganan Banjir Kalbar

Sabtu, 27 November 2021 09:23 WIB
Foto: Dok. KLHK
Foto: Dok. KLHK

 Sebelumnya 
Tanggul alami sungai adalah pemanjangan dari tanggul yang terdiri atas pasir dan lanau dan terendapkan sepanjang tepi sungai selama masa banjir. Temuan ini menunjukkan bahwa lokasi terdampak banjir yang terjadi di Provinsi Kalimantan Barat berada di daerah dataran banjir (flood plain), yang secara alamiah merupakan daerah tergenang (inundasi).  

“Daerah Tangkapan Air kapuas itu menjadi prioritas yang harus dikelola kembali agar memenuhi prinsip-prinsip, norma-norma selayaknya sebuah DAS yang harus bisa dijaga tidak boleh ada hambatan dari atas kebawah mengalir,” ujar Bambang.

Dalam upaya perbaikan lingkungan dan kawasan hutan, KLHK telah melakukan berbagai kegiatan yang berorientasi pada pengurangan surface run off dan peningkatan kapasitas infiltrasi pada berbagai jenis penggunaan lahan tersebut.

Mulai dari Rehabilitasi Hutan dan Lahan melalui kegiatan penanaman (penghijauan dan reboisasi); Penerapan teknik konservasi tanah dan air; Kegiatan intervensi Rehabilitasi Hutan dan Lahan melalui kegiatan Reboisasi dan lahan yang sampai saat ini mencapai luas 79.467 Ha, Hutan Kota 168 Ha, Kebun Bibit Desa 22 unit.

Baca juga : Gelar ODICOFF, Kementan Jajaki Kerja Sama Pengembangan Bawang Bombai RI-Belanda

Kebun Bibit Rakyat sejumlah 1.471 unit, dam penahan 29 unit, Gully plug 35 unit, dan sumur resapan sebanyak 440 unit serta ekohidrolika 1 unit; serta terus mendorong berbagai upaya pendidikan lingkungan  dengan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan di sekolah/Adiwiyata, kampanye dari berbagai elemen bangsa dalam rangka pembatasan/mengurangi penggunaan wadah plastic sekali pakai.

“Upaya pemulihan lingkungan memerlukan kerja stakeholder, jadi kami hadir disini dari Kementerian LHK berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Kementerian PUPR, Kementerian terkait lainnya dan Bapak Gubernur tentunya bersama para bupati terkait,” pungkas Bambang.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji saat bertemu Sekjen KLHK menyatakan siap mendukung kebijakan pemerintah pusat dan bersinergi dalam pengendalian banjir.

“Kami akan mendukung langkah-langkah yang diambil pemerintah dalam pengendalian banjir kedepan agar kejadian banjir seperti ini tidak terulang lagi”, ungkapnya.

Baca juga : Angkasa Pura II Ajak Mitra Strategis Kembangkan Bandara Kualanamu

Sebagai wujud kepedulian, pada kesempatan ini, KLHK beserta jajaran UPT KLHK memberikan bantuan uang tunai Rp.200 juta untuk masyarakat yang terdampak banjir, yang merupakan hasil sumbangan dari karyawan/ti KLHK di seluruh Indonesia.

Selain itu,  Manggala Agni Daops Kalimantan XI / Sintang Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan KLHK turut melaksanakan aksi sosial penanganan pasca banjir di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Sanggau.

Menggunakan sarana peralatan pemadaman berupa mesin pompa dan peralatan tangan yang sehari-hari digunakan untuk kegiatan pemadaman di musim kemarau, tim Manggala Agni bersama dengan Para Mitra dan Masyarakat sekitar melakukan upaya pembersihan lumpur pasca banjir pada fasilitas umum, fasilitas pendidikan, rumah ibadah dan pemukiman di Kabupaten Sintang.

Selain melakukan kegiatan pembersihan lumpur, tim Manggala Agni KLHK juga turut serta langsung membantu proses evakuasi masyarakat terdampak banjir dan penyaluran paket bantuan sembako, obat-obatan serta bantuan logistik bersama para pihak terkait lainnya seperti  Dinas Sosial, Badan Penanggungan Bencana Daerah, Damkar, Tagana, ORARI, Palang Merah Indonesia dan Relawan Peduli Banjir pada 78 lokasi di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat sejak tanggal 28 Oktober 2021 hingga saat ini.

Baca juga : Universitas Mercu Buana Raih 5 Penghargaan Kemendikbudristek

Hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut Bupati Sintang, Kepala Dinas LHK Kalbar, Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Humas,

Hadit pula Direktur Konservasi Tanah dan Air, Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengendalian Daerah Aliran Sungai, Direktur Pengendalian Kerusakan Perairan Darat, Plh. Kepala P3E Kalimantan, dan Kepala UPT KLHK di Kalimantan Barat. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.