Dark/Light Mode

Apresiasi Rencana Program 2023

DPR RI Bakal Perjuangkan Peningkatan Anggaran Kemendes PDTT

Senin, 30 Mei 2022 21:21 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senin (30/5). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senin (30/5). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Keenam, pembangunan desa rendah karbon dan transisi energi melalui pengembangan desa perhutanan sosial serta rehabilitasi mangrove dan kawasan pesisir.

Sedangkan rencana ketujuh adalah percepatan pembangunan infrastruktur dasar melalui pembangunan desa cerdas (smart village) serta pemberdayaan masyarakat lewat program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas).

Dan terakhir, kedelapan, terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara, adalah dengan menginventarisasi dan pemetaan HPL (hak pengelolaan lahan) di kawasan transmigrasi, di sekitar IKN.

Baca juga : Gus Halim Perjuangkan Satu Desa Satu Perawat

Dalam kesempatan tersebut, Gus Halim juga mengakomodasi beberapa masukan dan usulan Komisi V DPR RI untuk menjadi kegiatan Kemendes PDTT tahun 2023.

Beberapa masukan DPR tersebut dihasilkan dari hasil kunjungan kerja DPR pada masa persidangan I sampai IV tahun sidang 2021-2022. Baik masa kunjungan kerja spesifik maupun masa reses.

Di antara usulan DPR RI tersebut, berkaitan dengan kegiatan pemberdayaan terutama penguatan BUM Desa dalam rangka meningkatkan pertumbuhan dan penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat desa.

Baca juga : Gus Halim: Selamat Jalan Buya Syafii Maarif, Guru Bangsa dan Pembimbing Kita Semua

Serta mewujudkan tenaga pendamping desa yang memiliki kompetensi dan profesionalitas, terutama dalam memanfaatkan dana desa sesuai dengan prioritas dalam rangka mewujudkan Desa Maju dan Mandiri.

"Hasil kunjungan kerja Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR RI sudah saya terima dan insya Allah akan segera kita tindak lanjuti dalam RKA APBN tahun 2023. Dan ketika memang ada yang sifatnya mendesak nanti kita akan segera bicarakan lebih lanjut supaya dioptimalkan untuk bisa ditindaklanjuti di tahun anggaran 2022," ungkap Gus Halim.

Sebagai informasi, Agenda Rapat kerja tersebut dilaksanakan dalam rangka Penyampaian hasil Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI, serta pembicaraan pendahuluan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga (RKA-KL) Kemendesa PDTT sebagai penjabaran dari Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2023.

Baca juga : Gus Halim Cek Langsung Kabel Fiber Optik Milik BUMDes Bolali Maju yang Disoal PT KAI

Temanya, Peningkatan Produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dengan pagu indikator Kemendesa PDTT tahun anggaran 2023 sebesar Rp 3 triliun. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.