Dark/Light Mode

Ini Cara Mensyukuri Kemerdekaan Menurut Gus Halim

Senin, 16 Agustus 2021 14:10 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengingatkan masyarakat Indonesia untuk bersyukur pada Hari Kemerdekaan.

Apalagi, lebih separuh penduduk saat ini lahir ketika Indonesia telah merdeka, sehingga tidak terlibat langsung dalam perang kemerdekaan. "Jadi kewajiban kita saat ini adalah mensyukurinya," kata Halim Iskandar, Senin (16/8).

Meski begitu, dia mengingatkan, substansi syukur atas Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia tidak harus diwujudkan dengan kemeriahan. Dalam kondisi normal, katanya, ekspresi syukur memang dapat diwujudkan dengan kemeriahan. Mulai dari menggelar berbagai perlombaan, hingga tumpengan.

Baca juga : Menteri Desa Siap Bantu Sukseskan Ganti Rugi Korban Kerusuhan Maluku

Namun, dua tahun ini Indonesia sedang mengadaptasi kebiasaan baru karena pandemi Covid-19. Kemeriahan Agustusan tidak seperti biasanya. Berbagai perayaan yang menimbulkan keramaian harus ditunda dulu.

"Tidak masalah karena substansi syukur kemerdekaan adalah mencintai Indonesia dengan 74.961 desanya," tutur Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

"Mari syukuri kemerdekaan dengan mencintai sesama, saling melindungi dan menjaga agar Indonesia segera terbebas dari bencana covid-19 yang melanda," sambung pria yang akrab disapa Gus Halim ini.

Baca juga : Gus Halim: Pendidikan Variabel Kunci Daya Saing Bangsa

Gus Halim meminta para kepala desa mengedukasi warganya agar mereka memahami bahwa mensyukuri kemerdekaan bukan dengan perayaan semata. Sebab, syukur tidak identik dengan pesta.

Kepala desa, perangkat desa dan pendamping desa, juga mesti bahu membahu membangun desa sebagai bentuk syukur terhadap kemerdekaan.

Caranya, kata Gus Halim, dengan mempercepat pencairan dana desa, memanfaatkannya untuk membangun desa, membagikan BLT Dana Desa dan mengerjakan proyek desa bersama-sama warga dengan Padat Karya.

Baca juga : Menteri Halim Ajak Kampus Bersinergi Bangun Desa

"Itulah bentuk syukur sesungguhnya, mensyukuri kemerdekaan dengan cinta, merayakan kemerdekaan dengan mempercepat pembangunan desa membalas jerih perjuangan pahlawan dengan kebangkitan Desa," ucap Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Gus Halim pun mengajak semua kalangan untuk kembali meneguhkan rasa syukur dan cinta pada Republik Indonesia.

"Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Desa Bisa, Indonesia Percaya. Dirgahayu Republik Indonesia," tandas Gus Halim sembari mengepalkan tangan. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.