Dark/Light Mode

Sukses Kelola Desa Wisata Edupark

BUMDes Mbangun Deso Ditinjau Menteri Halim

Sabtu, 18 September 2021 17:34 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mbangun Deso di Desa Kajar, Kabupaten Rembang, Sabtu (18/9). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mbangun Deso di Desa Kajar, Kabupaten Rembang, Sabtu (18/9). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mbangun Deso di Desa Kajar, Kabupaten Rembang, Sabtu (18/9).

BUMDes ini berhasil mengembangkan Desa Wisata Kajar yang memiliki sarana edupark. Yakni, sebuah taman edukasi yang mengintegrasikan antara pertanian dan peternakan.

Baca juga : PLN Sukses Uji Coba Perdagangan Emisi Karbon Di Pembangkit Listrik

Rencananya, di wilayah ini akan dibangun sarana edupark dengan skala lebih besar, dengan melibatkan sejumlah desa lainnya.

"Di wilayah ini akan dibikin integrated farming (pertanian terpadu) yang lebih besar, yang melibatkan hingga 6 desa. Ada kerja sama tiga pihak, yakni dana desa, KUR (Kredit Usaha Rakyat), kemudian supporting PT Semen Gresik, sehingga akan menjadi model integrated farming yang lebih luas," ujarnya.

Baca juga : Teken Kontrak Dengan PLN, Tiran Group Bangun Smelter Nikel Di Makassar

Dia membeberkan, pengembangan desa wisata edupark yang merupakan kerja sama antara BUMDes Mbangun Deso dan PT Semen Gresik Pabrik Rembang ini, menjadi model kerja sama yang dapat diduplikasi desa dan berbagai perusahaan lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.