Dark/Light Mode

Sukses Kelola Desa Wisata Edupark

BUMDes Mbangun Deso Ditinjau Menteri Halim

Sabtu, 18 September 2021 17:34 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mbangun Deso di Desa Kajar, Kabupaten Rembang, Sabtu (18/9). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat meninjau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mbangun Deso di Desa Kajar, Kabupaten Rembang, Sabtu (18/9). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Menurutnya, pendampingan BUMDes dan BUMDes Bersama dari berbagai usaha/industri penting dilakukan untuk meningkatkan geliat ekonomi desa.

"Supaya dunia usaha bisa memberikan dampak langsung kepada geliat ekonomi di perdesaan, salah satu caranya adalah dengan adanya pendampingan dunia usaha ke BUMDes dan BUMDes Bersama," tuturnya.

Baca juga : PLN Sukses Uji Coba Perdagangan Emisi Karbon Di Pembangkit Listrik

Pria yang juga akrab disapa Gus Halim ini menerangkan, pengembangan BUMDes dilakukan bukan semata-mata berkaitan dengan profit dan peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes). Namun, lebih untuk memberikan percepatan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Menurutnya, BUMDes memiliki peran penting dalam menkoordinir dan menkonsolidasi berbagai UMKM di desa. "BUMDes orientasinya bukan PADes. Tapi kesejahteraan masyarakat," tegas Gus Halim.

Baca juga : Teken Kontrak Dengan PLN, Tiran Group Bangun Smelter Nikel Di Makassar

Dia pun melarang BUMDes membuka unit usaha yang dapat mematikan usaha masyarakat desa setempat. Sebab menurutnya, selain berpotensi menimbulkan konflik, hal itu juga berdampak pada penurunan pendapatan warga desa setempat.

"Makanya saya selalu tekankan, bahkan saya haruskan, bahwa BUMDes dan BUMDes Bersama jangan sekali-kali bangun unit usaha yang sudah dilakukan warga," tandasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.