Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sematkan Satyalencana Karya Satya

Menaker Pesani ASN, Kembangkan Hard dan Soft Skill

Selasa, 17 Agustus 2021 22:12 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, menyematkan Satyalencana Karya Satya Tahun 2021 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah berdedikasi selama puluhan tahun. Juga pada ASN teladan di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

"Selamat kepada 349 saudara/saudari yang telah menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya untuk 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. Juga selamat kepada saudara/saudari sekalian atas keberhasilan, upaya, dan jerih payahnya hingga dapat terpilih sebagai ASN Teladan," kata Ida di Gedung Tridharma Kemnaker, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Berita Terkait : Menaker Terus Berupaya Ciptakan Lapangan Kerja

Ida mengaku bangga, karena mereka mampu menyebarkan dan menginspirasi orang-orang di sekitarnya dengan nilai-nilai positif. Antara lain, meliputi kedisiplinan, integritas, prestasi kerja, kerja keras, jujur, dan amanah.

"Selain itu, dengan menerapkan nilai-nilai kebaikan dan semangat juang para pahlawan. Secara tidak langsung, saudara/saudari memotivasi orang-orang sekitar dalam berkarya," ujarnya.

Berita Terkait : Percepat Beri Bantuan UMKM, Perluas Jangkauan Vaksinasi

Namun, Ida mengingatkan, status keteladanan tidak hanya dimiliki orang-orang yang terpilih, dan tidak hanya untuk waktu yang sementara. Status keteladan harus dimiliki oleh setiap individu ASN di mana pun berada dan berlangsung terus menerus.

Pada kesempatan itu, ia pun mengingatkan tantangan ke depan yang harus direspons ASN. Terutama dampak revolusi industri 4.0, termasuk perkembangan ekonomi digital yang mengakibatkan perubahan pola kerja.

Berita Terkait : Tingkatkan Daya Saing, Kementan Siap Kembangkan Kampung Lengkeng

Hampir 50 persen perusahaan mengharapkan otomatisasi dapat meningkatkan efisiensi mereka, dan 38 persen lainnya berharap, penggunaan otomatisasi dapat memperluas tenaga kerja mereka ke peran yang lebih kreatif dan strategis.
 Selanjutnya