Dark/Light Mode

Menaker Ida: Saudi Butuh 20 Ribu Perawat Indonesia!

Senin, 1 November 2021 09:50 WIB
Menteri SDM dan Pembangunan Sosial, Arab Saudi, Ahmed Al-Rajhi (kiri) bertukar cinderamata dengan Menaker Ida Fauziyah dalam pertemuan bilateral di Dubai, Persatuan Emirat Arab, Kamis (28/10/2021). [Foto: Istimewa]
Menteri SDM dan Pembangunan Sosial, Arab Saudi, Ahmed Al-Rajhi (kiri) bertukar cinderamata dengan Menaker Ida Fauziyah dalam pertemuan bilateral di Dubai, Persatuan Emirat Arab, Kamis (28/10/2021). [Foto: Istimewa]

 Sebelumnya 
Pertemuan bilateral dengan Arab Saudi menyepakati beberapa hasil. Di antaranya, pembentukan kerja sama penempatan dan perlindungan pekerja migran di sektor formal, dalam skema professional examinations dan review Technical Agreement terkait Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

"Kami sepakat akan membentuk joint working group antara Indonesia dengan Arab Saudi untuk menindaklanjuti proses pelaksanaan proyek (one channel system/SPSK)," ujarnya.

Baca juga : Di Bawah Rp 275 Ribu Ternyata Banyak Juga

Ida juga menyebut, Saudi telah melakukan inisiatif dan pencapaian dalam pengembangan lingkungan kerja di sektor ketenagakerjaan. Lebih lanjut dia mengatakan, pertemuan dengan Ahmed Al-Rajhi juga menyinggung tiga permasalahan lainnya.

Pertama, soal hak perlindungan dan lingkungan. Yakni menyangkut inisiatif reformasi ketenagakerjaan, otentikasi kontrak kerja, proyek atase tenaga kerja, dan program pelindungan pengupahan.

Baca juga : Taat Prokes, IPB Dapat SafeGuard Label Dari Surveyor Indonesia

Kedua, tentang transformasi digital, yakni portal pasar tenaga kerja terpadu “Qiwa”, program verifikasi keterampilan dan penyelesaian sengketa ekosistem “Wedy”.

Pembahasan ketiga, mengenai domestic workers, terkait otentikasi aplikasi rekrutmen, asuransi kontrak dan program perlindungan pengupahan. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.