Dark/Light Mode

Zuhud Politik

Minggu, 26 Desember 2021 06:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sehubungan dengan itu, sebuah hadis diriwayatkan dari Sahal ibn Sa’ad al-Saidi, bahwa datang seorang sahabat bertanya kepada Nabi, “Wahai Rasulullah tunjukkanlah kepadaku suatu pekerjaan yang apabila aku mengerjakannya maka Allah dan manusia akan mencintaiku”.

Rasulullah menjawab: “Bersikap zuhudlah engkau terhadap dunia, niscaya Allah mencintaimu. Dan bersikap zuhudlah engkau terhadap apa-apa yang ada pada manusia, niscaya mereka mencintaimu”. (HR Ibnu Majah).

Baca juga : Berbagi Energi Positif Di Akhir Tahun (3)

Al-Qur’an juga memperingatkan tentang hal ini: “Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syetan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah”. (QS Fathir/35:5).

Dalam ayat lain dikatakan: “Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui”. (QS al-‘Ankabut/29:64).

Baca juga : Berbagi Energi Positif Di Akhir Tahun (2)

“Katakanlah: “Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa dan kamu tidak akan dianiaya sedikit pun”. (QS al-Nisa’/4:77).

Untuk menggapai kezuhudan sosial politik, Imam Syafi’ menyatakan tiga hal, yaitu: 1) Melahirkan pengaduan kepada Allah, karena meminta, melahirkan kefakiran dan menyebabkan keterlambatan nikmat Allah SWT kepadanya. 2) Meminta itu cerminan sikap si peminta yang meremehkan dirinya kepada selain Allah. 3) Meminta itu tidak terlepas dari menyakitkan hati bagi yang diminta menurut kebiasaannya. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.