Dark/Light Mode

Mengapa Islam Cepat Menggelobal? (2)

Islam Sebagai Agama Moderat (2)

Jumat, 14 Januari 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Tuntutan dan tuntunan sila kedua ini merupakan ciri khas masyarakat Indonesia. Meskipun bangsa ini dikaruniai luas wilayah strategis berikut dengan kekayaan alam luar biasa, tetapi tidak membuatnya sombong dan angkuh. Sebaliknya, keindahan alam dengan aneka rupa warna kembang mempengaruhi kepribadiannya sebagai warga Indonesia yang ramah dan santun.

Baca juga : Islam Sebagai Agama Moderat (1)

Sikap kemanusiaan yang dikembangkan, bukan manusia bebas dan liberal yang cenderung arogan dan individualistic, tetapi warga bangsa yang memiliki otonomi dan kemandirian sebagai insan-insan yang bertanggung jawab.

Baca juga : Islam Sebagai Agama Kemanusiaan (2)

Satu sisi, warga bangsa Indonesia terkesan sangat lembut, dan bijaksana tetapi saat bersamaan sebagian warga bangsa Indonesia juga memiliki keangkuhan, individualism, dan sekularis.

Baca juga : Islam Sebagai Agama Kemanusiaan (1)

Selain memiliki unsur kemanusiaan, manusia Indonesia juga perlu melengkapi dirinya dengan sikap keadilan dan keadaban publik dan individu yang tinggi. Sila kedua ini harus dipertahankan karena itulah hakekat kepribadian bangsa Indonesia. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.