Dark/Light Mode

Redupnya Pamor Prabu Kresna

Senin, 17 Januari 2022 06:37 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Lesmana sempat mendapatkan wahyu Cakraningrat. Akan tetapi tidak bertahan lama. Dalam perjalanan pulang dari bertapa, Lesmana ketemu dengan wanita cantik. Lesmana tidak tahan terhadap godaan hawa nafsunya. Padahal syarat untuk mendapatkan wahyu Cakraningrat harus mampu mengendalikan hawa nafsu selama empat puluh hari tidak kumpul dengan wanita. Lesmana gagal tidak kuat mempertahankan Cakraningrat.

Baca juga : Inovasi Dan Kearifan Tembang Pucung

Raden Samba terkenal sombong dan angkuh perilakunya. Cakraningrat sempat bersemayam pada dirinya. Tapi karena keangkuhannya, Cakraningrat tidak betah dan keluar dari tubuh Raden Samba. Lesmana dan Samba gagal mendapatkan wahyu Cakraningrat. Kedua anak ratu tersebut tidak kuat terhadap godaan dirinya sendiri. Akhirnya Abimanyu yang berhak mendapatkan wahyu ratu sejati. Kegagalan Raden Samba memicu konflik antara Semar dan Prabu Kresna. Kresna menuduh Semar ikut bermain dalam memutuskan siapa yang berhak menerima Cakraningrat.

Baca juga : Ramalan Kalingga Jati Tahun 2022

“Menjadi ratu merupakan amanah dan memiliki tanggung jawab besar, Mo,” celetuk Petruk, membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul, Tole. Tidak semua orang kuat untuk mendapatkan wahyu ratu. Selain menjadi teladan bagi rakyatnya, seorang ratu harus berperilaku adil dan bijaksana dalam bertindak. Tidak pilih kasih dalam memberikan anugerah dan ganjaran. Segala ucapan dan tindakan harus nyawiji. Seorang ratu tidak boleh mencla-mencle dalam bersabda. Karena ucapan seorang ratu jadi panutan dan teladan bagi rakyatnya,” sahut Semar. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.