Dark/Light Mode

Fenomena Baru Imigran Muslim Di Negara Barat (2)

Minggu, 23 Januari 2022 06:52 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kenyataan umat Islam di “negara kedua” ini membayar pajaknya kepada negara di mana mereka berdomisili, tetapi zakat harta mereka umumnya dikembalikan ke negeri asalnya, bahkan di antara mereka masih menyerahkan binatang kurban dan kambing ‘aqikah ke negeri asalnya.

Baca juga : Fenomena Baru Imigran Muslim Di Negara Barat (1)

Sebagian juga masih membangun rumah di negeri asal, termasuk dana yang dikumpulkan diinvestasikan ke negeri asalnya. Imigram muslim dianggap menyedot kekayaan negeri keduanya ke negeri asal mereka.

Baca juga : Membaca Kecenderungan Migrasi Muslim (2)

Fenomena menarik ini juga dianalisis oleh Oliver Roy dalam karya the best seller-nya, “Globalised Islam”. Dia menganalis pola diversity dan uniformitas, juga kehidupan individu dan masyarakat warga imigran muslim di Barat.

Baca juga : Membaca Kecenderungan Migrasi Muslim (1)

Ia juga menyebut imigran muslim stateless, bagaikan tidak berkewarnegaraan khusus. Bagaimana mereka menyiasati kehidupan di barat yang tidak sekondusif menjalankan syari’ah Islam ketika di negeri asalnya. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.