Dark/Light Mode

Pindahnya Kotaraja Alengka

Senin, 24 Januari 2022 08:17 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Gunawan Wibisana sebagai saudara paling bontot Rahwana akhirnya bergabung ke pasukan Prabu Rama. Keputusan membelot ke pasukan musuh sudah diingatkan oleh kakaknya nomor dua yaitu Kumbakarna. Namun Wibisana kekeh dengan keputusannya dan akan berjuang bersama pasukan Rama melawan pasukan Alengka. Sehingga kelemahan pasukan Alengka dengan mudah diketahui oleh bala tentara wanara dan Rama.

Baca juga : Redupnya Pamor Prabu Kresna

Senopati Alengka satu per satu gugur di medan laga. Termasuk Kumbakarna, Sarpakenaka, dan Indrajit anak Rahwana. Melihat anaknya Indrajit gugur oleh panah Gunawan Wibisana, Rahwana menjadi marah dan lepas kendali. Rahwana maju ke medan laga tanpa didampingi oleh senopati panumping. Sehingga dengan mudah Rama melepaskan panah Goa wijaya dan Rahwana gugur di medan perang.

Baca juga : Inovasi Dan Kearifan Tembang Pucung

Rama menyerahkan kerajaan Alengka kepada Gunawan Wibisana pasca gugurnya Rahwana. Wibisana menerima dengan gembira dan legowo atas kembalinya kerajaan Alengka. Walaupun dalam keadaan hancur, Wibisana berjanji akan membangun kembali bumi tumpah darahnya. Wibisana memindahkan ibukota kerajaan Alengka ke Singgelopuro. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jejak perang yang terjadi selama ini kepada anak keturunannya.

Baca juga : Ramalan Kalingga Jati Tahun 2022

“Berarti pindah ibu kota ada alasannya, Mo?” sela Petruk membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul, Tole. Ibarat orang pindah rumah harus ada alasan yang jelas. Jangan karena didorong hawa nafsu kita grusa-grusu untuk pindah. Apalagi motif balas dendam politik masa lalu seperti yang terjadi antara Gunawan Wibisana dengan Rahwana. Selain itu, pindah rumah harus dihitung nogo dino dengan matang supaya sesuai dengan rencana,” sahut Semar. Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.