Dark/Light Mode

Keutamaan Bulan Ramadan (1)

Senin, 4 April 2022 06:06 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Bulan suci Ramadan menyimpan sejumlah rahasia. Kalangan ahli mengatakan, sesungguhnya sejarah Islam ialah sejarah Ramadan. Karena hampir semua peristiwa monumental dalam lintasan sejarah umat Islam, terjadi di bulan Ramadan.

Bulan Ramadan betul-betul penuh rahmat dan berkah. Selain di dalamnya difardhukan puasa sebagai salah satu rukun Islam, sebagaimana disebutkan dalam ayat: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kaliam bertakwa.” (Q.S. al-Baqarah/2:183), juga di dalamnya terjadi berbagai peristiwa menakjubkan, antara lain:

Baca juga : Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama [3]

Pertama kali turunnya ayat suci Al-Qur’an dan sekaligus menandai pelantikan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul.

Kemenangan besar pasukan Rasulullah dalam Perang Badr yang bersejarah itu, bertepatan 17 Maret 624 M/17 Ramadan tahun ke-7 H. Kalau saja Nabi kalah dalam peperangan ini, mungkin tamat riwayat sejarah Islam saat itu.

Baca juga : Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama [2]

Perebutan kembali kota Mekkah (Fathu Makkah), Ramadan 8 H. Kaum kafir Quraisy kota ini pernah mengusir Nabi ke Yatsrib (Madinah).

Perjanjian Tsaqif yang monumental itu, terjadi pada bulan Ramadan 9 H.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.