Dark/Light Mode

Keutamaan Bulan Ramadan (2)

Selasa, 5 April 2022 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasukan Salahuddinal -Ayyubi menghalau pasukan Salib dan merebut Kota Surya, Ramadan 584 H.

Baca juga : Keutamaan Bulan Ramadan (1)

Pasukan Salib dihalau dan dikalahkan di Baibars, Ramadan 675 H. Beberapa negara Islam memperoleh kemerdekaan dari penjajah dalam bulan Ramadan, termasuk Negara Republik Indonesia, memproklamirkan kemerdekaannya dalam bulan Ramadan, bertepatan dengan 17 Agustus 1945.

Baca juga : Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama [3]

Sejumlah pusat kerajaan lokal di kepulauan Nusantara menyerah kepada sistem pemerintahan yang bercorak Islam (Sulthan), termasuk di antaranya Kerajaan Bone Sulawesi Selatan, kerajaan terakhir di kawasan Timur Indonesia menyerah ke pemerintahan baru bercorak yang Islam.

Baca juga : Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama [2]

Mungkin masih banyak peristiwa lain yang terjadi di bulam Ramadan yang tidak sempat tercatat dalam sejarah. Peristiwa demi peristiwa menakjubkan itu sulit, untuk mengatakan peristiwa kebetulan, karena terlalu banyak peristiwa penting terjadi di dalamnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.