Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Togog Gugat Konstitusi

Senin, 11 April 2022 06:10 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - April Mop atau yang dikenal dengan April Fool’s Day biasanya diperingati setiap tanggal 1 April. Pada tanggal tersebut, orang boleh nge-prank atau berbohong kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Mungkin itu alasan Pak Jokowi marah kepada para menterinya pekan silam. Para menteri membuat kebijakan tanpa merasa bersalah walau tanpa narasi yang jelas. Kebijakan publik namun mengabaikan empati rakyat. Seperti kenaikan harga BBM dan langkanya minyak goreng terus menuai kritik. Sehingga asumsi publik menjadi liar ke mana-mana.

“Apakah demo mahasiswa ke Istana termasuk April Mop, Mo?” celetuk Petruk, cengengesan. Romo Semar tidak mau komentar terlalu jauh tentang demo mahasiswa. Tuntutan mahasiswa minta dihentikan wacana penundaan pemilu dan perpanjangan periode jabatan presiden. Semar tidak menyalahkan sepenuhnya mahasiswa. Karena wacana penundaan dan perpanjangan jabatan justru dihembuskan oleh para elite politik negeri ini. Seharusnya para elite lebih tahu kalau aspirasi menunda pemilu tidak sejalan dengan konstitusi.

Baca juga : Puasanya Begawan Ciptaning

Cerita tentang melanggar konstitusi, Romo Semar pernah mengalami sendiri saat terjadi persaingan kekuasaan antara saudaranya sendiri yakni Antaga, Ismaya, dan Manikmaya. Mereka bertiga saling berebut kekuasaan di jagat manusia dan kadewatan.

Kocap kacarito, Shang Hyang Wenang memiliki tiga anak yakni Antaga, Ismaya, dan Manikmaya. Ketiga anak tersebut sudah diberi kekuasaan dan kewenangan masing-masing. Menurut konstitusi khayangan, Antaga diberi kekuasaan menjadi pamong raja di dunia yang berperilaku kurang baik. Ismaya diberi tugas menjadi pamong satria luhur. Sedangkan Manikmaya menjadi panutan atau pimpinan para dewa di khayangan.

Baca juga : Kutukan Demang Sarka

Sejak awal, Antaga kurang dapat menerima pembagian kekuasaan dari bapaknya tersebut. Apalagi dia sebagai anak tertua merasa berhak memiliki kekuasaan lebih dibanding kedua saudaranya. Dilihat dari kesaktian yang dimilikinya. Antaga merasa paling sakti di antara mereka bertiga. Untuk menguji kesaktian yang dimilikinya, Antaga menantang perang adiknya Ismaya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.