Dark/Light Mode

Tantangan Global Umat Masa Depan (31)

Efek Positif Melting Pot

Minggu, 3 Juli 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kehadiran manusia cerdas memiliki potensi besar untuk memberikan pengaruh ke dalam masyarakat, termasuk mempengaruhi pandangan keagamaan seperti aliran atau mazhab.

Doktrin dan daya tarik nuansa keagamaan tertentu yang dirasakan dan dialami di luar negeri bisa saja ikut menjadi faktor dalam aktivitas alumni luar negeri tersebut. Apalagi ketika mereka belajar di luar negeri mendapatkan doktrin khusus dari profesornya, seperti disinyalir adanya kekuatan itu di dalam masyarakat.

Baca juga : Menjadikan Pancasila Sebagai Melting Pot

Jika demikian adanya, tidak ada cara terbaik selain mem­perkokoh pemahaman dan penghayatan warga bangsa terh­adap filosofi Pancasila. Mereka perlu diperkenalkan secara komprehensif bahwa kelahiran Pancasila adalah rahmat bagi bangsa Indonesia, bukannya laknat, sebagaimana pernah diperkenalkan oleh kelompok tertentu di masyarakat.

Masalah agama adalah salah satu faktor yang sangat sensitif di Indonesia. Ini dapat dimaklumi, karena bangsa Indonesia termasuk penganut agama yang setia. Solidaritas agama biasanya mengalahkan ikatan-ikatan primordial lain­nya, seperti ikatan kesukuan dan ikatan kekerabatan.

Baca juga : Membingkai Pluralitas Budaya Nasional

Karena itu, penataan antar umat beragama dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus. Pemberian wawasan keindonesiaan, termasuk di dalamnya falsafah bangsa Pncasila dan UUD 1945, ditambah pengenalan umum doktrin keagamaan yang dianut di Indonesia, perlu dilakukan.

Jika anak-anak bangsa terjun bebas ke Barat atau ke Timur Tengah, apalagi dalam usia yang relatif masih sangat muda, dikhawatirkan akan membawa pulang anasir-anasir tertentu, yang sadar atau tidak, dapat mengganggu ketenangan ber­bangsa dan bernegara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.