Dark/Light Mode

Tinjauan Haji dalam Berbagai Dimensi Spiritual (13):

Menyingkap Misteri Multazam

Senin, 18 Juli 2022 06:19 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada suatu tempat di sekitar Ka’bah yang sangat penting, dan berdoa di tempat itu sangat dianjurkan. Multazam namnya.

Multazam berasal dari bahasa Arab dari kata lazima-yalzamu berarti tetap, pasti, dan wajib, kemudian membentuk kata multazam berarti sesuatu yang dimintai pertanggungan jawab.

Multazam sebagai nama sebuah tempat yang terletak antara Hajar Aswad dan Pintu Ka’bah, dihubungkan dengan hadis Nabi yang mengatakan: “Multazam adalah tempat berdoa yang dikabulkan (mustajabah). Tak seorang pun hamba Allah yang berdoa di tempat ini tanpa terkabulkan doanya”.

Baca juga : Misteri Maqam Ibrahim

Disebut Multazam, karena seolah ada kepastian dan ketetapan, siapapun yang bermohon di tempat itu maka Allah akan mengijabah doa-doanya, insya Allah.

Para sahabat dan tabi’in menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat khusus untuk berdoa. Dalam suatu riwayat sebagaimana diungkapkan di Sunan Abi Dawud, dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya berkata:

“Saya (menunaikan) thawaf bersama Abdullah, ketika sampai di belakang Ka’bah, saya berkata: “Apakah kita tidak berlindung?”

Baca juga : Misteri Hajar Aswad

(Beliau) berkata: “Kita berlindung dengan (Nama) Allah dari neraka.”

Ketika telah lewat, saya menyentuh hajar (aswad), dan berdiri di antara rukun (hajar aswad) dan pintu (Ka’bah). Maka (beliau) menaruh dada, wajah, lengan dan kedua tangannya begini dan membentangkan lebar keduanya. Kemudian berkata: “Beginilah saya melihat Rasulullah SAW melakukannya”.

Tentu saja tempat ini amat ramai. Di Multazam inilah biasanya kita dianjurkan untuk shalat dua rakaat setelah melakukan thawaf tujuh kali putaran. Dalam buku-buku manasik haji disuguhkan redaksi doa yang sebaiknya dibaca saat kita berdoa di tempat ini setelah melaksanakan shalat dua rakaat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.