Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Tinjauan Haji Dalam Berbagai Dimensi Spiritual (3):

Perspektif Tarekat

Jumat, 8 Juli 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapapun yang ingin meraih hikmah kedalaman makna haji harus memahami dimensi spiritual haji itu. Dalam perspektif tarekat, haji dimaknai bukan hanya dari aspek fikih dan aspek legalitas haji dan umrah, tetapi agak lebih dalam berusaha menjiwai makna spiritual dari setiap syarat dan rukun haji.

Baca juga : Esensi Haji

Pandangan tareka selalu berhati-hati di dalam men­jalankan setiap ketentuan dan sayarat serta rukun haji dan umrah karena diyakini urgensi ibadah ini bukan pada aspek ritual-simboliknya, tetapi lebih kepada makna spiritual yang tersembunyi di balik ketentuan itu.

Baca juga : Berawal Dari Drama Kosmos

Pengamalan haji dan umrah dalam perspektif ini bukan hanya pengamalan fisik, tetapi lebih dalam lagi sebagai pengamalan batin. Seorang calon haji tidak cukup hanya mengejar kesempurnaan syarat dan rukun, tetapi ke dalam makna dan hakekat rukun dan syarat itu yang perlu dite­kankan. Apa artinya rukun dan syarat selesai jika tidak memberikan bekas dan efek secara batin. Penghayatan dan pendalaman makna spiritual menjadi ciri khas dari perspektif ini.

Baca juga : Menyelaraskan Kedudukan Agama Dan Negara

Kelompok ini mulai menganalisis asal-usul dan hakekat pelaksanaan haji dan umrah dengan melangkah surut ke masa lampau. Mereka menganalisis apa sesungguhnya makna dan hakekat disyari’atkannya haji dan umrah. Seperti kita tahu, haji dan umrah ini bukan hanya ditemukan dalam syari’at Nabi Muhammad, tetapi juga di dalam syari’an nabi-nabi sebelumnya, seperti Nabi Ibrahim dan nabi-nabi sebelumnya. Bahkan sejak Nabi Adam dan Hawa sejak awal memperkenalkan ibadah ini, sebagaimana dijelaskan dalam ayat:
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.