Dark/Light Mode

Tinjauan Haji Dalam Berbagai Dimensi Spiritual (18):

Rahasia Sumur Zamzam (3)

Minggu, 24 Juli 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Cerita semacam ini bukan hanya cerita jamaah haji Indonesia tetapi menjadi cerita universal bagi hampir seluruh jamaah haji dunia.

Baca juga : Misteri Air Zamzam (2)

Jika hal itu benar, maka tepat sekali ayat yang menyatakan bahwa disekitar Masjid Haram penuh berkah dari Allah SWT, sebagaimana disebutkan dalam ayat: ”Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Al Masjidilaksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. (Q.S. Al-Isra’/17:1). Terdapat beberapa ayat yang mirip dengan ayat tersebut di dalam Al-Qur’an.

Baca juga : Misteri Air Zamzam (1)

Banyak orang yang tidak gampang percaya cerita-ceruta aneh seperti ini. Akan tetapi setelah menyaksikan sendiri bahkan mengalami sendiri, maka saya akhirnya percaya, jangan-jangan ini antara lain maksud ayat “Mekkah penuh berkah” (bakkah mubarakah) dalam Q.S. Ali ‘Imran/3:96 atau “Allah memberkahi di sekitarnya” (alladzi barakna haulah) dalam Q.S. Al-Isra’/17:1. Apa lagi dengan akronim yang sejak semula melekat pada kedua kota nabi ini, yaitu: “Mekkah Keramat” (Makkatul Mukarramah) dan “Madinah Mencerahkan” (Madinatul Munawwarah). Penyebutan nama kota tersebut sudah familiar semenjak Nabi masih hidup hingga saat ini.

Baca juga : Antara Bakkah Dan Makkah

Berbagai pengalaman batin yang penuh misteri sebetulnya kurang etis untuk dibicarakan kepada orang lain, apalagi dalam bentuk publikasi seperti ini. Namun karena cerita seperti ini juga memiliki unsur syi’ar dan dakwah, maka kiranya pengala­man batin seperti ini bisa menambah rasa ta’jub dan kagum kita kepada kekuasaan Allah SWT. Allahu a’lam. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.