Dark/Light Mode

Kegamangan Durna Kepada Bima

Senin, 22 Agustus 2022 06:15 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Kekuatan Pandawa sebenarnya ada pada Bima. Satria Pandawa nomor dua ini tidak saja sakti mandraguna. Bima mumpuni dan prigel dalam olah senjata Gada. Maka Bima menjadi target utama Kurawa. Durna mendapatkan ide membunuh Bima tanpa diketahui oleh Pandawa dan Kresna.

Baca juga : Koalisi “Sumbadra Larung”

Durna menyuruh Bima mencari air kehidupan ke tengah samudera sebagai syarat mencapai kehidupan sejati. Watak Bima tidak pernah melawan perintah gurunya. Begitu mendapat perintah mencari air kehidupan, Bima bersedia tanpa rasa curiga. Bima tidak sadar kalau perintah Durna tersebut merupakan jebakan. Walaupun Ibu Kunti dan para Pandawa melarang, Bima tetap teguh mencari air kehidupan di tengah samudera. Kelak Bima justru ketemu dengan Dewa Ruci yang tidak lain adalah jati dirinya sendiri.

Baca juga : Ruwatan Di Tubuh Polri

“Bima percaya kepada putusan yang telah dibuatnya, Mo,” celetuk Petruk, membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul, Tole. Tugas seorang satria atau pemimpin adalah membuat keputusan. Jangan pernah ragu dan bimbang dalam membuat keputusan. Apalagi keputusan tersebut untuk kemaslahatan orang banyak. Belajarlah pada ketegasan Bima dalam membuat keputusan subsidi BBM. Karena kenaikan harga BBM bukan saja berdampak secara ekonomi semata, akan tetapi rentan terhadap kehidupan sosial dan politik,” sahut Semar. [Oye]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.