Dark/Light Mode

Menghemat Politik Identitas (10)

Mengikuti Spirit Piagam Madinah

Rabu, 24 Agustus 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pasal 40:

Segala tetangga yang berdampingan rumah, harus diperlakukan sebagai diri-sendiri, tidak boleh diganggu ketenteramannya, dan tidak diperlakukan salah.

Baca juga : Bukan Melarang Matahari Memancarkan Cahaya

Pasal 41:

Tidak seorang pun tetangga wanita boleh diganggu keten­teraman atau kehormatannya, melainkan setiap kunjungan harus dengan ijin suaminya.

Baca juga : Arti Politik Identitas

Yang menarik ialah kebebasan berkspresi dengan jami­nan keamanan penuh dari pemerintah dalam hal ini Nabi Muhammad sebagai kepala pemerintahan Madinah, benar-benar diperlakukan secara adil dan bijaksana semua warga negara sebagaimana diatur di dalam pasal 47.

Spirit Piagam Madinah sesungguhnya menekan politik identitas di dalam masyarakat Madinah. Piagam ini diapre­siasi di dalam buku-buku monumental para pemikir dunia barat. Mereka menilai Piagam Madinah adalah piagam modern jauh mendahului zamannya. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.