Dark/Light Mode

Di Balik Hacker Data Khayangan

Senin, 12 September 2022 06:20 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Berbagai strategi untuk memenangkan pertempuran mulai digelar. Segala cara untuk mencari dukungan pasukan dari kerajaan lain dilakukan pihak Kurawa maupun Pandawa. Prabu Kresna sebagai botoh atau pujangga perang Pandawa tidak tinggal diam. Kresna mencari informasi bagaimana bisa mengalahkan Kurawa. Kresna tahu kalau yang memegang peta pertarungan Baratayuda adalah para Dewa. Strategi perang terangkum dalam Kitab Jitabsara yang disimpan di Khayangan.

Baca juga : Amarta Swasembada Energi

Kresna naik ke Khayangan untuk mencuri data dari tangan Bethara Guru. Untuk memuluskan rencana jahatnya, Kresna mengubah dirinya menjadi seekor Kumbang Putih. Dengan wujud Kumbang Putih, Kresna dapat melihat informasi dan formasi pertempuran Baratayuda di Kurusetera dengan mudah. Siapa melawan siapa dan senjata apa yang bisa digunakan untuk mengalahkan musuh tertulis rapi dalam Jitabsara.

Baca juga : Jalan Tengah BBM Subsidi

“Khayangan sempat geger karena datanya dicuri oleh Kumbang Putih,” sela Petruk, membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul, Tole. Tapi mereka tidak saling menyalahkan dan cari selamat sendiri. Bethara Guru bertanggung jawab dan mengakui kesalahannya atas data yang dicuri oleh si Kumbang Putih tersebut,” sahut Semar.

Baca juga : Kegamangan Durna Kepada Bima

Bethara Guru merasa gagal mengamankan data penting karena tidak koordinasi dengan baik dengan koleganya. Menyikapi bocornya data-data penting lebih baik melakukan investigasi dan evaluasi daripada saling menyalahkan pihak lain. Dan yang tidak kalah penting jangan sampai bocornya data-data tersebut merupakan awal dari demoralisasi yang sudah menyerang berbagai lini kehidupan. [Oye]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.