Dark/Light Mode

Prabu Dasarata Sembrono

Senin, 24 Oktober 2022 06:10 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Dasarata memiliki tiga istri yaitu Dewi Sukasalya, Dewi Sumitra, dan Dewi Kekeyi. Dari perkawinan pertamanya dengan Sukasalya melahirkan Ramawijaya. Dan kelak Ramawijaya berhak atas tahta Kerajaan Ayodya karena lahir dari Dewi Sukasalya merupakan istri prameswari. Perkawinan Dasarata dengan Dewi Sumitra mempunyai anak Lesmana. Sedangkan perkawinan dengan istri ketiganya yakni Dewi Kekeyi melahirkan Barata.

Baca juga : Perilaku Eling Waspodo

Permasalahan mulai timbul saat Dasarata melamar Dewi Kekeyi. Dewi Kekeyi bersedia menjadi istri ketiga Prabu Dasarata asal anaknya kelak yang berhak menjadi raja di Ayodya. Prabu Dasarata menyanggupi permintaan istri mudanya tersebut. Ramawijaya sudah menginjak dewasa dan siap menjadi raja menggantikan dirinya. Namun, Prabu Dasarata bingung, takut atas janjinya kepada Dewi Kekeyi.

Baca juga : Hengkangnya Dewa Wisnu

Prabu Dasarata membuat keputusan blunder untuk mensiasati janjinya kepada Kekeyi. Dasarata tega menjatuhkan hukuman terhadap Ramawijaya walaupun tanpa melakukan kesalahan. Ramawijaya dibuang ke tengah hutan dan pengangkatan sebagai raja atas dirinya dibatalkan sepihak. Keputusan gegabah Dasarata memicu perpecahan di Kwrajaan Ayodya. Kerajaan Ayodya hancur setelah ditinggal Ramawijaya dan Lesmana.

Baca juga : Laga Maut Menebar Duka

“Keputusan yang didasari hawa nafsu biasanya tidak berkah, Mo,” sela Petruk, membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul, Tole. Keputusan gegabah Dasarata bukan saja membuat Kerajaan Ayodya hancur. Terjadinya pertumpahan darah antara Ayodya dan Alengka akibat dosa-dosa Prabu Dasarata memaksakan kehendaknya. Keputusan yang dipaksakan bukan saja melanggar kepatutan, tetapi melawan kodrat alam. Kalau kekuatan alam dilawan maka kehancuran sebuah negeri tinggal menunggu waktu,” papar Romo Semar. [Oye]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.