Dark/Light Mode

Belajar Dari Sesaji Raja Suya

Senin, 7 November 2022 06:15 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Puntadewa mendirikan kerajaan Amarta dengan jalan membuka hutan Marta atau Wono Marta. Konon hutan Marta terkenal hutan yang masih angker. Karena hutan tersebut diduduki oleh para raja jin terkenal jahat dan sangar. Dengan semangat gotong royong, para satria Pandawa berhasil menaklukkan para jin dan mengubah hutan belantara menjadi kerajaan yang megah.

Baca juga : Kebangkitan Pemuda Dan Polycrisis

Prabu Puntodewa berniat mengadakan syukuran atas keberhasilannya membangun kerajaan Amarta. Dengan jalan melakukan ritual sesaji Raja Suya. Upacara syukuran yang dipimpin oleh beberapa brahmana dan dihadiri oleh para raja sahabat. Selain menambah persaudaraan, ritual sesaji raja suya menjadi ajang kerja sama untuk memajukan negeri.

Baca juga : Prabu Dasarata Sembrono

Walaupun tujuan sesaji raja suya baik, akan tetapi ada beberapa raja yang menentang berdirinya kerajaan Amarta. Salah satunya adalah Prabu Jarasanda dari kerajaan Magada. Jarasanda terang-terangan menentang Pandawa. Kesombongan Prabu Jarasanda akhirnya dapat dikalahkan Bima. Dan acara syukuran berdirinya kerajaan Amarta berjalan sesuai rencana.

Baca juga : Perilaku Eling Waspodo

“Sesaji Raja Suya sukses karena semua mendukung, Mo,” sela Petruk membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul, Tole. Pekerjaan besar terasa ringan kalau semua pihak ikut merasa memiliki tanggung jawab,” jawab Romo Semar. Sebagai tuan rumah KTT G20 semua pihak harus ambil bagian dalam mensukseskan perhelatan akbar tersebut. Kita wajib merasa handarbeni, hangrungkebi, dan mulat sariro hangroso wani. Yaitu merasa memiliki, wajib ikut mempertahankan, mawas diri dan bertanggung jawab kepada tamu-tamu pemimpin dunia yang hadir di Bali. [Oye]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.