Dark/Light Mode

Moralitas Politik dalam Islam (7)

Pejabat Tidak Boleh Anti Kritik

Selasa, 8 November 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Berdasar pada hadis-hadis tersebut di atas, Allah ridha terhadap hamba-Nya dengan tiga hal, 1) Allah ridha dengan hanya menyembah kepada-Nya dan tidak mensekutukan-Nya, 2) berpegang teguh kepada aturan-aturan-Nya dan tidak meremehkan atau mengabaikannya, 3) senantiasa memberikan nasehat kepada para pemimpin yang diberi­kan amanah untuk menangani urusan manusia. Sebaliknya Allah murka terhadap tiga hal, 1) perkataan yang tidak jelas kebenarannya sehingga menimbulkan prasangka yang tidak-tidak seperti menggunjing, hasud, iri hati, dan dengki, 2) membuang harta dengan hura-hura dan mubazir karena tidak mendatangkan manfaat, 3) serta banyak bertanya atau meminta dengan tidak mau berusaha dan bekerja.

Baca juga : Memberi Peluang Pemimpin Perempuan

Menurut Ibn Hazm, jihad yang paling baik adalah nasehat yang disampaikan kepada pemimpin yang zalim. Ia mengatakan, seorang pemimpin memang wajib ditaati selama ia memimpin dengan berpijak kepada nilai-nilai kepatutan yakni al-Qur’an dan hadis. Akan tetapi jika ia melenceng dari nilai-nilai kepatutan dan itu tidak mungkin dapat dicegah kecuali diberhentikan, maka ia pun harus diberhen­tikan dan diganti dengan pemimpin yang lain.

Baca juga : Belajar Dari Pengalaman Suksesi Nabi

Semua itu dilakukan karena pada prinsipnya seorang pemimpin dalam Islam bukanlah manusia yang terpelihara dari kesalahan (ma’sum) tetapi ia adalah manusia biasa sehingga ia pun tidak luput dari kesalahan dan tanggung jawab. Dengan demikian, seorang pemimpin dari berbagai level tidak boleh anti kritik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.