Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moralitas Politik Dalam Islam (12)

Tanggung Jawab Ganda Pemimpin

Selasa, 15 November 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kita semuanya adalah pemimpin. Pemimpin di sini bukan hanya pemerintahan seperti Kepala Negara atau pejabat pub­lik, tetapi siapapun yang memegang tanggung jawab untuk membina orang atau kelompok orang sudah dapat dikatego­rikan pemimpin. Termasuk pemimpin Rumah Tangga, yang merupakan unit terkecil sebuah masyarakat.

Ditegaskan dalam hadis Nabi, disebutkan sebuah riwayat dari Abdullah bin Umar yang diperoleh dari Nabi. Beliau bersabda: Setiap dari kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas yang dipimpinnya, pemerintah adalah pemimpin atas masyarakat dan bertang­gung jawab atas yang dipimpinnya.

Baca juga : Tidak Pernah Cuek Terhadap Kebatilan

Seorang lelaki adalah pemimpin di tengah keluarganya dan ia bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang isteri adalah pemimpin di rumah suaminya dan anak-anaknya dan ia bertanggung jawab atas suami dan yang dipimpinnya. Seorang hamba (sahaya) adalah pemimpin terhadap harta majikannya, dan ia bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Setiap dari kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. (HR Muslim, Sahih Muslim, Jilid 6, halaman 7.

Dari kedua hadis di atas jelas menunjukkan betapa luas dan dalamnya sebuah tanggung jawab yang dimiliki seorang pemimpin. Baik pemimpin formal di dalam masyarakat maupun pemimpin non atau informal.

Baca juga : Salafi Jihadi

Tanggung jawab itu bukan hanya dipikul di dunia, tetapi juga sampai di alam Barzakh dan hari akihirat kelak. Seorang suami yang dis­epakati sebagai Kepala Rumah tangga tentu bukan hanya mencarikan nafkah kepada anggota keluarganya tetapi juga memberikan hak-hak biologis terhadap isteri atau suaminya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.