Dark/Light Mode

Moralitas Politik Dalam Islam (12)

Tanggung Jawab Ganda Pemimpin

Selasa, 15 November 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Terkait dengan stabilitas keamanan dalam suatu negara, orang yang paling bertanggung jawab adalah kepala negara; dan tanggung jawab tersebut harus dijalankan sesuai dengan kaedah hukum Islam bahwa: Tasarruf al-imam ‘ala ar-ra’iyat manutun bi al-maslahah. Artinya setiap kebijakan pemer­intah terhadap rakyatnya harus berdasarkan kemaslahatan. Selain itu, presiden dalam pandangan Islam adalah orang yang paling bertanggung jawab mengawasi segala yang berkaitan dengan kehidupan beragama, juga bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyatnya.

Baca juga : Tidak Pernah Cuek Terhadap Kebatilan

Mungkin tanggung jawab dunia bisa saja menyewa orang untuk melakukan aksinya atau melakukan kejahatan IT, tetapi pengawasan melekat Allah SWT melalui Malaikatnya yang perlu mendapatkan perhatian. Mungkin kita bisa berbohong, tetapi dalam urusan keagamaan ada Zat yang Maha Mengawasi. Cara kerja pengawasan Allah SWT tidak bisa dijadikan ukuran tetapi dilukiskan dalam Al-Qur’an sangat tajam sehingga mampu menyaksikan segala per­buatan hamba-Nya.

Baca juga : Salafi Jihadi

Untuk menghindari kebablasan yang berkembang di da­lam masyarakat, kita perlu menyadari bahwa pengawasan Allah SWT (Al-Raqib). Pada sisi lain manusia sendiri bisa melakukan introspeksi dan pengawasan melekat (muhasa­bah) guna melahirkan manusia paripurna. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.