Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moralitas Politik Dalam Islam (16)

Pemimpin Harus Amanah

Jumat, 18 November 2022 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak ayat dan hadis menegaskan perlunya pemimpin itu Amanah. Salah satu hadis yang diriwayatkan dari Abu Umamah, ia berkata: aku telah mendengar Nabi bersabda: Tidaklah seorang Muslim yang memerintah sepuluh orang atau lebih kecuali ia datang di hari kiamat dalam keadaan tangannya terikat sampai lehernya, kebaikannya akan membebaskannya atau dosanya akan membinasakannya, awalnya adalah celaan, pertengahannya adalah penyesalan, dan akhirnya adalah siksaan pada hari kiamat. (HR. Tabrani, al-Mu’jam al-Kabir, Jilid 8, halaman 172).

Dalam hadis lain diriwayatkan dari Abu Hurairah, dari Nabi, beliau bersabda: Celakalah para raja/penguasa, cel­akalah para pembantu, celakalah para penjaga. Suatu kaum/orang banyak pada hari kiamat akan berharap agar ubun-ubun mereka tergantung dengan bintang yang menggoyang antara langit dan bumi dan mereka tidak mengurus suatu pekerjaan. (HR al-Hakim, al-Mustadrak, Jilid 4, halaman102).

Baca juga : Pemimpin Harus Transparan

Riwayat lain dari Ma’qil Ibnu Yasar mengatakan: Aku telah mendengar Nabi bersabda: Tidaklah seorang hamba diangkat sebagai penguasa atas rakyat, lalu ia meninggal dan ia curang terhadap rakyatnya kecuali Allah mengharamkan surga baginya. (HR Muslim, Jilid 1.halaman 87).

Hadair lain dari Abu Umamah, ia mengatakan, aku men­dengar Nabi bersabda: Akan datang di akhir zaman petugas keamanan yang di pagi hari dalam kemurkaan Allah, dan di sore hari dalam kutukan Allah. Maka hati-hatilah kamu jangan sampai menjadi bagian (pembantu) mereka. (HR Thabrani, al-Mu’jam al-Kabir, Jilid 8, halaman136).

Baca juga : Pemimpin Sebagai Abdi Masyarakat

Pemimpin yang tidak menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, bahkan berani melanggar amanah yang diterimanya diancam dengan ancaman yang sangat mengerikan di hari akhirat. Sebaliknya pemimpin yang amanah akan mendapatkan kemuliaan yang luar biasa di sepanjang perjalanan hidupnya sampai hari kiamat dan pada akhirnya akan menikmati surga pemberian Allah SWT terhadapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.