Dark/Light Mode

Moralitas Politik Dalam Islam (27)

Pelajaran Politik Di Dalam Shalat Berjamaah (1)

Jumat, 2 Desember 2022 06:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Cara melakukan kritik harus sesuai dengan ketentuan. Makmum tidak boleh melakukan kritik dengan melampaui batas, yakni batas yang telah ditentukan dalam hadis. Hak untuk menyampaikan kritik bukan hanya laki-laki, tetapi ju­ga perempuan.

Cara laki-laki dalam mengkritisi imam ialah mengucapkan kata “Subhanallah” dan perempuan dengan cara menepuk anggota badannya yang bisa kedengaran oleh imam. Imam harus sensitive membaca isyarat makmumnya.

Baca juga : Mengelola Fitnah (2)

Jika imam salah atau keliru dan para makmumnya juga lupa atau tidak tahu menyampaikan pembetulan terhadap imam, maka imam harus menutupi kesalahan dan kekeliruannya dengan cara sama-sama sujud sahwi, yaitu menambahkan sujud dua kali di bagian akhir shalat sebelum salam.

Imam tidak boleh semena-mena memimpin shalat. Suatu ketika, Rasulullah memimpin shalat salahsatu sujudnya la­ma sekali, tidak seperti biasanya.

Baca juga : Mengelola Fitnah (1)

Seusai shalat, salah seorang sahabat bertanya, kenapa salahsatu sujud kita tadi lama sekali. Rasulullah menjawab: Maaf, ketika sujud tadi cucu saya (Hasan dan Husain) menaiki punggung saya ketika sedang sujud. Saya khawatir kalau saya bangun dari sujud ia terjatuh.

Dalam kesempatan berbeda, Rasulullah pernah memimpin shalat cepat sekali, berbeda dengan biasanya. Sahabat bertanya, kenapa shalat kita tadi cepat sekali, tidak seperti biasanya. Rasulullah menjawab: Apakah anda tidak mendengar ada anak kecil di belakang menangis, mungkin ibunya ikutan dalam shalat. Kasihan anak itu kalau shalat kita lebih lama. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.