Dark/Light Mode

Suksesi Pasca Khulafa` Al-Rasyidin

Sabtu, 21 Januari 2023 06:19 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah Sayyidina Ali meninggal lalu digantikan oleh Mu’awiyah ibn Abi Sufyan, maka situasi politik dunia Islam berubah drastis. Muawiyah bin Abu Sufyan (602 - 680M) merupakan khalifah pertama dari Bani Umayyah dan penah menjadi juru tulis Nabi Muhammad SAW. Ia agak telat masuk Islam pada tahun ke- 7 H.

Kalangan Syi’ah tidak mengakui Mu’awiyah sebagai khalifah dan Sahabat Nabi, karena dianggap telah menyimpang setelah Nabi meninggal. Ia menjabat khalifah dari tahun 661 sampai 680M. Ia dianggap picik oleh kelompok Syi’ah karena melibatkan Amru bin Ash yang menipu Abu Musa Al Asy’ari (wakil Ali) dalam kasus Perang Shiffin.

Baca juga : Pengalaman Amerika Serikat (4)

Persoalan Mu’awiyah berawal sejak terbunuhnya Utsman. Saat itu ada beberapa reaksi di dalam masyarakat. Pertama, mereka mengusulkan agar pembunuhnya harus di-qishash secepatnya sebelum Ali dibai’at dan ini pendapat Muawiyah cs.

Kedua, Ali harus dibai’at dulu baru diamanahkan untuk mencari dan mengqishash pelakunya. Ketiga, dan ini pendapat Ali, qishash ditunda pelaksan aannya sampai betulbetul keadaan terkendali. Pendapat ini didukung oleh mayoritas sahabat senior, khususnya pendukung Ali. Keempat, ada sekelompok orang yang mengasingkan diri (uzlah) dan tidak ingin terlibat dalam perang saudara ini.

Baca juga : Pengalaman Amerika Serikat (3)

Mereka meninggalkan pusat konflik menuju ke satu tempat yang lebih netral. Kelompok ini didukung oleh antara lain Abdullah bin Umar, Saad bin Abi Waqqash, dan lain-lain. Masyarakat Syam (sekitar Syiria seka rang) menolak membai’at Ali. Ini bisa dipahami karena Mu’awiyah pernah menjadi Gubernur di sana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.