Dark/Light Mode

Hawa Membumikan Manusia

Jumat, 27 Januari 2023 06:18 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kisah kejatuhan manusia ke bumi, para teolog banyak menyalahkan Hawa. Dalam tradisi Yahudi dan Kristen masih sering membahas secara dramatikal Kitab Kejadian (Genesis) Perjanjian Lama, khususnya pasal 1-23, yang melukiskan perempuan sebagai subordinasi laki-laki dan penyebab dosa warisan.

Pasal-pasal tersebut juga melahirkan tafsir misoginis, seperti diungkapkan dalam Kitab Talmud, sebuah kitab tafsir bible yang amat klasik, terutama dapat dilihat di dalam Kitab Eruvin 100b, di sana dijelaskan bahwa akibat pelanggaran Hawa/Eva di Surga maka kaum perempuan secara keseluruhan akan menanggung 10 beban penderitaan, yaitu:

Baca juga : Keunggulan Substansi Hawa

1) Perempuan akan mengalami siklus menstruasi, yang sebelumnya tidak pernah dialami Hawa di surga. 2) Perempuan yang pertama kali melakukan persetubuhan akan mengalami rasa sakit. 3) Perempuan akan mengalami penderitaan dalam mengasuh dan memelihara anak-anaknya. 4) Perempuan akan merasa malu terhadap tubuhnya sendiri. 5) Perempuan akan merasa tidak leluasa bergerak ketika kandungannya berumur tua.

6) Perempuan akan merasa sakit pada waktu melahirkan. 7) Perempuan tidak boleh mengawini lebih dari satu laki-laki. 8) Perempuan masih akan merasakan keinginan hubungan seks lebih lama sementara suaminya sudah tidak kuat lagi. 9) Perempuan sangat berhasrat melakukan keinginan berhubungan seks terhadap suaminya, tetapi amat berat menyampaikan hasrat itu kepadanya. 10) Perempuan lebih suka tinggal di rumah.

Baca juga : Pengalaman China (3)

Dalam Kitab Perjanjian Lama sendiri secara tegas dinyatakan dalam Kitab Kejadian (3:12): “Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Kau tempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan”. Sebagai sanksi terhadap kesalahan perempuan itu maka kepadanya dijatuhkan sanksi sebagaimana disebutkan dalam Kitab Kejadian 3:16:

”FirmanNya kepada perempuan itu: “Susah payahmu waktu mengandung akan kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu”. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.